Sukses

Presiden Rusia Pecat Walikota Moskow

Liputan6.com, Mokow: Presiden Rusia Dmitry Medvedev memberhentikan Walikota Moskow Yuri Luzhkov pada Selasa (28/9). Keputusan Medvedev tersebut dikarenakan dugaan praktek korupsi dan ketidakpedulian Yuri Luzhkov terhadap kebakaran hutan yang terjadi di Rusia baru-baru ini. Sebelumnya Luzhkov mendapatkan kecaman keras tasa sikap acuhnya terhadap masalah bencana alam Rusia tersebut.

Seperti dilansir dari situs Kremlin, Keputusan Presiden ini disebutkan bahwa pemberhentian  walikota Moskow tersebut sehubungan dengan hilangnya kepercayaan presiden Rusia. Medvedev memiliki hak konstitusional untuk memberhentikan pejabat, termasuk walikota dan gubernur, dengan alasan yang diperlukan.

Medvedev yang saat ini tengah melakukan kunjungan kenegaraan tiga hari ke Cina, menunjuk wakil pertama Walikota Moskow Vladimir Resin, sebagai Pejabat Walikota di Ibukota Rusia tersebut, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di negara itu. Sehari sebelumnya Luzhkov, yang berusia 74 tahun, mengatakan kepada media bahwa dirinya tidak akan mengundurkan diri meskipun spekulasi telah menyebar luas bahwa Senin akan menjadi hari terakhirnya sejak menjabat sebagai walikota dari 1992 silam.(Xinhua/AYB)