Sukses

Atletis di Usia yang Tak Lagi Muda, Ini 10 Rahasia Vladimir Putin

Liputan6.com, Moskow - Vladimir Putin adalah salah satu presiden salah satu negara paling kuat di dunia, Rusia.

Negeri Beruang Merah itu kerap menjadi sorotan media, salah satunya karena dianggap ikut campur dalam pemilihan presiden Amerika Serikat.

Tak hanya itu, dalam perang di Aleppo Suriah, Rusia menjadi pendukung Pemerintah Bashar Al Assad. Sementara, pihak pemberontak yang jadi lawan, dipersenjatai Barat.

Di balik negara besar yang kerap menjadi sorotan itu, sosok seorang Putin tak dapat bisa diabaikan. Pada tahun 2016, pria kelahiran 7 Oktober 1952 itu dinobatkan sebagai orang paling berkuasa di dunia oleh Majalah Forbes -- itu adalah yang ke-4 Putin menyandang gelar tersebut.

Meski tak lagi muda, Putin juga dikenal sebagai kepala negara yang memiliki badan atletis. Ia menguasai bela diri Yudo, Sambo, Kyokushin. Tak hanya itu, ayah dua anak tersebut juga bisa berkuda dan mahir berenang.

Tak hanya itu, pria kelahiran St Petersburg tersebut juga memiliki sejumlah kebiasaan lain yang mungkin belum Anda ketahui. Dikutip dari Business Insider, berikut 10 rutinitas Vladimir Putin, dari menu sarapan hingga pilihan baju.

2 dari 3 halaman

Menu Sarapan hingga Waktu Tidur

Presiden Vladimir Putin saat menunggangi kuda di Siberia (AP Photo/RIA Novosti, Alexei Druzhinin)

1. Sarapan

Putin biasa bangun di akhir pagi dan sarapan hampir siang hari. Ia biasanya mengonsumsi omelet dan semangkok besar bubur dengan beberapa telur puyuh dan jus buah.

Menurut laporan Newsweek, bahan baku sarapannya dikirim secara teratur dari tanah pertanian di Patriach Kirill, tempat pemimpin agama Rusia berada.

Setelah selesai menyantap sarapannya, Putin menutupnya dengan segelas kopi.

2. Olahraga

Newsweek melaporkan, Putin menghabiskan waktu dua jam untuk berenang. Saat berada di dalam air, ia memikirkan sejumlah solusi permasalahan yang dihadapi Rusia.

Sehabis berenang, Putin menyempatkan untuk angkat beban. Pada 2015, fotonya kala berolahraga dengan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev sempat viral. Menurut laporan Esquire, baju olahraga yang dikenakannya seharga US$ 3.200 atau sekitar 42,5 juta.

Setiap beberapa minggu sekali, ada jadwal kosong yang dikhususkan untuk memberi ruang bagi dirinya untuk bermain salah satu olahraga favoritnya, yakni hoki es.

3. Pilihan Baju

Putin terkenal konservatif dengan pilihan bajunya, dan dilaporkan lebih memilih setelan dan dasi dari rumah fashion Valentino. Menurut Russian Beyond the Headlines, merek baju favorit Putin adalah Kiton dan Brioni.

4. Waktu Kerja

Sesampainya di kantor, Putin biasanya tak langsung memulai kerja. Pertama, ia membaca sejumlah catatan briefing, termasuk laporan intelijen domestik dan hubungan luar negeri yang berasal dari media Rusia dan internasional.

Di luar pekerjaan, Presiden Rusia tidak banyak membaca, meski ia pernah membaca satu novel aksi yang hebat pada 2006. Sesekali, seorang penasihat akan menunjukkan Putin sebuah video yang menyindir dia dan pemerintahannya.

5. Tidur Larut Malam

Putin merupakan 'burung hantu' yang bekerja hingga larut malam. Menurut laporan Newsweek, pria berusia 64 tahun itu paling tajam ketika malam hari.

3 dari 3 halaman

Makanan Favorit hingga Pecinta Anjing

Presiden Rusia Vladimir Putin bermain dengan anjingnya yang bernama Yume di Kremlin di Moskow, Rusia (7/12). Menurut beberapa sumber Presiden Putin sudah sejak lama dikenal sebagai penyayang binatang. (Sputnik/Kremlin/Alexei Druzhinin via Reuters)

6. Saat Bepergian ke Luar Negeri

Di mana pun Putin akan menginap, segala hal dari sprei hingga peralatan mandi akan diganti. Ia juga tidak menerima makanan dari tuan rumah yang tak diperiksa terlebih dahulu oleh Kremlin.

7. Makanan Favorit

Telegraph pernah mengabarkan bahwa makanan favorit Putin adalah es krim pistachio. Ia juga pernah memberi hadiah kepada Presiden China Xi Jinping satu tong es krim pada pertemuan puncak G20 tahun lalu.

8. Tak Mengonsumsi Alkohol

Menurut laporan, Putin tak mengonsumsi alkohol kecuali dalam resepsi formal. Tindakan tersebut juga bisa jadi merupakan langkah politik. Menurut Politico, Putin mungkin mengambil sikap simbolis di tengah epidemi alkoholisme Rusia dan membandingkan dirinya dengan pendahulunya Boris Yeltsin.

9. Pecinta Anjing

Putin juga merupakan pecinta binatang. Ia memiliki anjing Labrador berusia 15 tahun bernama Konni, Akita Inu bernama Yume, dan seekor Karakcahan bernama Buffy.

Yume sempat mendapat sorotan pada 2016 ketika ia berlari dan menggonggong ke sejumlah jurnalis Jepang yang sedang mengunjungi Kremlin.

Putin meresponsnya dengan memberikan makanan kepada Yume dan menunjukkan sejumlah triknya.

10. Senang Tinggal di Rumah

Newsweek melaporkan bahwa Putin suka untuk tetap berada di rumah. Ia tak suka berkendara ke Moskow meski hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit dan lebih memilih tinggal kompleks Novo-Ogaryovo.

Loading