Sukses

Lordes, Kawasan Ziarah Umat Katolik di Prancis

Kawasan Lordes di pengunungan Pyrenes, Prancis, kini berkembang menjadi tempat peribadatan umat Katolik dari penjuru dunia. Kawasan ini diyakini tempat Bunda Maria menampakkan diri.

Liputan6.com, Lordes: Buat penganut agama Katolik di Prancis maupun dari berbagai penjuru dunia, kawasan Lordes kini menjadi tempat peribadatan sekaligus lokasi ziarah yang cukup digemari. Kawasan yang terletak di pegunungan Pyrenes, Prancis, mempunyai luas areal hinggga puluhan hektare. Kawasan yang berada di dataran tinggi ini juga membuat suhu udara di Lordes relatif dingin hingga empat derajat selsius di bawah nol. Tak heran, bila daerah pegunungan di sekelilingnya kerap diselimuti salju.

Di kawasan ini terdapat sejumlah bangunan peribadatan dengan nilai sejarah tinggi, di antaranya, bangunan peribadatan utama, yakni Gereja Basilica, yang terletak di lantai dasar. Sedangkan bagian atasnya terdapat Gereja Super Basilica, berbatasan dengan Jalan Salib yang dihiasi dengan jam besar yang kerap berdentang sejam sekali. Selain itu, terdapat juga sejumlah museum yang dapat menambah pengetahuan buat pengunjung tentang kawasan ini. Museum Bernadete, misalnya. Di tempat ini memaparkan asal mula tempat ibadah Lordes hingga keseharian Suster Bernadete, yang menjadi saksi penampakan Bunda Maria.

Penampakan pertama Bunda Maria dikabarkan terjadi pada 11 Februari 1858, di bagian dalam bangunan tersebut, yakni di sebuah gua suci. Di tempat itu, Bunda Maria menampakkan diri sebanyak 18 kali. Itulah sebabnya, tempat ini menjadi lokasi favorit bagi peziarah. Dengan berbekal lilin dan untaian bunga yang diperoleh di bagian samping gereja, para pengunjung menghampiri gua tersebut sambil memanjatkan doa. Tak hanya itu, sejumlah pengunjung juga memanfaatkan tempat ini untuk kesembuhan penyakit. Misalnya, dengan mandi di air dingin yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.(ORS/Christiyanto dan Raphael Setyo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.