Sukses

Topan Conson Menuju Vietnam

Liputan6.com, Hanoi: Badai Conson diperkirakan akan tiba di Pantai Teluk Halong di Vietnam utara, Sabtu (17/7). Akibatnya, sejumlah kelompok wisata yang datang ke Teluk Halong dan di daerah-daerah dekat pantai pada akhir pekan ini dibatalkan. Pihak militer mengungsikan sekitar 150.000 orang di jalan-jalan.

Selain itu, pihak penerbangan nasional Vietnam Airlines mengatakan, sedikitnya empat penerbangan datang dan berangkat dari Haiphong akan dihentikan Sabtu ini. Bukan cuma itu, kapal-kapal nelayan yang berlayar ke sekitar Teluk Halong diimbau kembali ke pelabuhan dari Laut Cina Selatan.

Topan dan badai tropika secara rutin menghantam Filipina, China, Taiwan dan Jepang dalam tengah tahun kedua, setelah menghimpun kekuatan dari perairan panas Lautan Pasifik atau Laut China Selatan sebelum biasanya melemah saat sampai di darat.

Di provinsi Hainan, Cina Selatan, badai Conson menelan dua korban jiwa. Keduanya tewas akibat tertimpa papan reklame yang jatuh. Otoritas setempat memperingatkan hujan deras yang dibawa badai Conson, akan memperparah bencana yang terjadi di Cina baru-baru ini [baca: Badai Conson Hantam Cina, Dua Tewas].(Reuters/ASW)