Sukses

Bronislaw Komorowski Raih Suara Terbanyak

Liputan6.com, Warsawa: Bronislaw Komorowski, presiden sementara Polandia, berhasil meraih suara terbanyak dalam pemilihan presiden pada Ahad (4/7) waktu setempat. Pemungutuan suara diadakan setelah tidak ada calon yang meraih lebih dari 50 persen suara dalam putaran pertama pemilihan bulan lalu. Komorowski menghadapi mantan Perdana Menteri Jaroslaw Kaczynski, pemimpin oposisi utama Partai Hukum dan Keadilan dan juga saudara kembar mendiang presiden[baca: Setelah Kecelakaan Tragis, Polandia Gelar Pemilu].

Komorowski memimpin Partai Civic Platform dan sebagai Ketua DPR menjadi Presiden sementara setelah Presiden Polandia Lech Kaczynski dan istrinya tewas dalam kecelakaan pesawat pada 10 April di dekat Smolensk, Rusia barat. Komorowski yang berusia 58 tahun pernah ditangkap pada tahun 1970 karena dia merupakan bagian dari unjuk rasa yang dilakukan terhadap pemerintah komunis. Dia menjadi seorang politisi setelah pemerintah Komunis runtuh, dan menjadi Ketua Parlemen sejak tahun 2007.

Hasil resmi belum masuk, namun semua jajak pendapat oleh media lokal menunjukkan Komorowski unggul untuk sementara waktu. Komorowski menyatakan kemenangan di depan pendukungnya, mengatakan Polandia telah memenangkan demokrasi. Saudara kembar Presiden Lech Kaczynski, Aroslaw Kaczynski mengakui kekalahannya. Untuk melanjutkan tugas presiden sebelumnya, Komorowski diharapkan untuk mencoba memperbaiki hubungan antara Rusia dengan Uni Eropa.(NHK/AYB)