Sukses

Pria Bertopeng Gondol Lukisan Picasso

Liputan6, Paris: Seorang pencuri menggondol lima lukisan bernilai sampai setengah miliar euro atau US$ 613 juta. Lukisan-lukisan yang dicuri itu adalah karya lima pelukis kenamaan, yakni Pablo Picasso, Henri Matisse, George Braque, Amedeo Modigliani, dan Fernand Leger. Pencurian terjadi di Museum Seni Modern Paris di Kota Paris, Prancis.

Polisi Paris menduga lukisan tersebut hilang pada Rabu (19/5), dini hari. Adapun Museum Seni Modern Paris letaknya sekitar Sungai Seine. Para penyidik telah menyisir lokasi kejadian. Termasuk, menyelidiki kemungkinan pencuri masuk lewat jalur rahasia sepanjang Sungai Seine dari arah Menara Eiffel.

Berdasarkan rekaman kamera pengawas atau CCTV, seorang penyusup bertopeng terlihat sedang mengambil lukisan. Penyusup tersebut masuk dengan memotong gembok di pintu gerbang dan memecahkan jendela museum.

Adapun lima lukisan yang dicuri adalah Le Pigeon Aux Petits Pois (Merpati dengan Kacang) lukisan cat minyak oleh Pablo Picasso, dan La Pastorale (Pastoral), sebuah lukisan cat minyak bergambar orang-orang tanpa busana di lereng bukit karya Henri Matisse. Serta, Pres de l`olivier L`Estaque (Pohon Zaitun yang terletak di Estaque) oleh Georges Braque, La Femme a l`eventail (Wanita dengan Kipasnya] karya Amedeo Modigliani, dan Nature Morte Aux Chandeliers (Merasa Hidup dengan Cahaya) karya Fernand Leger.

Pengawas museum dan polisi tidak langsung memberikan pernyataan terkait dengan laporan sistem alarm yang tidak berfungsi atau dinonaktifkan. Sementara, Wali Kota Paris Bertrand Delanoe sedih dan terkejut atas pencurian tersebut. Ia pun menyatakan bahwa pencurian tersebut tidak dapat ditoleransi, terutama terhadap warisan budaya dunia.(DES/ANS/MSNBC)