Sukses

Video Mengharukan Persahabatan Pria Buta dan Lelaki Tanpa Lengan

Dua orang sahabat yang sama-sama penyandang disabilitas berhasil menanam lebih dari 10 ribu pohon dengan saling melengkapi kekurangan.

Liputan6.com, Yeli - Beberapa di antara Anda mungkin pernah membaca kisah tentang sepasang sahabat penyandang disabilitas atau difabel asal China yang berhasil menanam 10 ribu pohon.

Kali ini kisah yang sangat menginspirasi tentang dua orang sahabat tersebut diangkat dalam sebuah video oleh Great Big Story.

Mereka adalah Jia Haixia dan Jia Wenqi yang, seorang pria buta dan satunya lagi tanpa lengan yang telah menjalin persahabatan selama 13 tahun.

Haixia kehilangan seluruh penglihatanya pada tahun 2000 akibat kecelakaan kerja, sedangkan Wenqi harus kehilangan kedua lengannya pada usia 3 tahun karena sebuah kecelakaan.

Dalam 13 tahun terakhir, keduanya telah menjadi sahabat -- sekaligus mata dan tangan untuk satu sama lain di sebuah pedesaan di Yeli, China.

"Dia adalah mataku dan aku adalah tangannya," ujar Haixia di awal video.

Walaupun menyandang disabilitas, Haixia dan Wenqi tak menyerah pada keadaan. Mereka melengkapi satu dengan lainnya dan bekerja layaknya tim.

Hanya dengan membawa palu dan sebuah tongkat besi, setiap hari kedua sahabat ini pergi meninggalkan rumahnya pada pukul 07.00 pagi. 

Pada saat harus menyeberangi arus sungai yang cukup deras, Wenqi yang tak memiliki lengan akan menggendong Haixia di punggungnya.

Tugas Haixia adalah mengurus stek tanaman, sedangkan wengi menyiram. (Via: brightside.me)

"Ia telah menggendongku untuk menyeberang sungai selama 13 tahun," ujar Haixia.

Wenqi dan Haixia punya tujuan mulia. Keduanya telah menanam pohon sejak 2002. Hal tersebut mereka lakukan untuk mengubah lahan tak produktif menjadi hutan agar generasi masa depan hidup di lingkungan yang lebih baik.

"Menanam pohon menjadi misi yang penting bagi kami. Mungkin secara ekonomi sulit, tapi secara batin kami sangat senang," cerita pria berumur 53 tahun tersebut.

Atas semua usaha yang telah dilakukannya, kedua pria disabilitas itu sudah menanam hingga 10.000 pohon dan tidak memiliki rencana untuk berhenti.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.