Sukses

Sang Pelempar Sepatu Dibebaskan Hari ini

Liputan6.com, Baghdad: Muntadhar Al-Zeidi, wartawan Irak yang melempar sepatu ke arah Presiden Amerika Serikat George W. Bush, akan dibebaskan pada  Selasa (15/9) waktu setempat. Ia akan terbang ke Yunani terlebih dulu untuk menjalani pemerikasan kesehatan. Demikian berita yang dilansir Associated Press, Selasa.

Hal itu dinyatakan Karim al-Shujairi, pengacara Al-Zeidi. Al-Shujairi juga menyatakan hakim telah menandatangani semua berkas sehingga proses pembebasannya menjadi semakin jelas. Sebelumnya pembebasan Al-Zeidi yang seharusnya dilakukan Senin kemarin ditunda dengan alasan belum selesainya berkas yang diperlukan. Padahal, keluarga Al-Zeidi telah menanti pembebasan sang wartawan. Sementara itu. Selasa pagi sekitar 50 jurnalis berkumpul di luar kediaman keluarga Al-Zeidi untuk menyambut kepulangannya. Telihat beberapa anak-anak membawa poster yang bertuliskan dukungan pembebasan Al-Zeidi.

Wartawan Irak tersebut dipenjara lantaran melempar dua sepatu ke Bush saat konferensi pers di Baghdad, 15 Desember 2008. Pria yang merupakan reporter televisi ini meneriaki Bush dan sepatu tersebut disebutnya sebagai "ciuman perpisahan" dari mereka yang terbunuh, anak yatim piatu, dan janda di Irak. Bush berhasil menghindar dari sepatu, namun Al-Zeidi tetap ditangkap. Aksinya disebut pemerintah Irak sebagai "hal yang memalukan", tetapi ia disebut pahlawan oleh banyak orang di dunia Arab.(YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.