Sukses

Reuni Dua Pilot Perang Dunia II Setelah 70 Tahun

Dua orang veteran pilot pesawat tempur Polandia semasa Perang Dunia II tidak menyadari telah berdekatan selama beberapa bulan terakhir.

Liputan6.com, Devon - Dua orang pilot Polandia yang sama-sama bertempur melawan pendudukan Jerman bertemu kembali setelah 70 tahun. Andrew Borowiec (87) dan Ted Stopczynski (89) bersama-sama menjadi pilot pesawat tempur Polandia pada masa Perang Dunia II ketika mereka masih remaja. Keduanya menjadi sahabat dan bersama bertugas di Pemberontakan Warsawa 1944.

Dilaporkan The Mirror pada 8 Oktober 2015, keduanya kemudian bertemu kembali setelah 70 tahun di suatu panti jompo di kota Devon, Inggris. Uniknya, dua orang sahabat semasa remaja itu tidak menyadari bahwa mereka tinggal bersebelahan di panti jompo ini berbulan-bulan lamanya.

Hubungan keduanya baru ketahuan setelah seorang pengasuh berkebangsaan Polandia sedang memandikan Andrew Borowiec. Setelah itu merekapun dipertemukan satu sama lain dan kaget karena mereka sebetulnya dua orang sahabat yang lama tak berjumpa.

Andrew Borowiec adalah mantan penulis dan koresponden asing. Ia mengaku pada awalnya tidak mengenal Ted Stopczynski. “Seseorang menceritakan kepada saya tentang siapa dirinya. Tapi ketika saya menyadari siapa sesungguhnya orang itu, saya langsung ingat. Suatu kebetulan yang mencengangkan," kata Boroweic

Juliet, istri Andrew, mengatakan bahwa keduanya “bergembira sebagaimana selayaknya kegembiraan dua orang pria berusia 80-an.”

Keduanya kembali menjadi dua orang sahabat di panti jompo Ilford Park di Devon. Panti tersebut dikhususkan bagi mantan tentara keturunan Polandia.

Dua orang veteran pilot pesawat tempur Polandia semasa Perang Dunia II tidak menyadari telah berdekatan selama beberapa bulan terakhir. (Daily Mail)

"Sungguh suatu kisah yang mengharukan, mereka sama-sama senang. Sungguh suatu kebetulan. Mereka bercerita panjang lebar ketika bertemu, terutama Ted yang cerewet," tutur Juliet. 

“Walaupun Ted dua tahun lebih tua dan menjadi pemimpin Andrew di masa perang, ia bilang, ‘Saya bukan pahlawan, Andrew lah seorang pahlawan’.”

Di masa peperangan, Ted dikenal dengan julukan ‘Nietek’ ketika ia merekrut Andrew untuk ikut gerakan Perlawanan Warsawa. Ia memegang komando kesatuan namun menjadi gundah ketika temannya ditangkap musuh dan dijebloskan dalam tahanan.

Andrew Borowiec semasa muda. (The Mirrorl)

Andrew Borowiec menyintas masa tahanannya dan menjadi seorang penulis sekaligus wartawan yang mendapat penghargaan. Ia tinggal bersama Juliet di pulau Siprus selama beberapa tahun namun kemudian pindah ke panti jompo Ilford Park pada Juni lalu.

Kepala panti jompo, Clare Thomas, mengatakan, “Menakjubkan sekali ketika mereka tersambung lagi, apalagi mereka pernah berdinas bersama lebih dari 70 tahun lalu. Senang sekali melihatnya.” (Alx/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini