Sukses

Kota Bengalore Penghasil Kain Sari Bermutu Tinggi

Tidak banyak orang yang ke India mengetahui bahwa Kota Bengalore adalah daerah penghasil kain sari bermutu tinggi di India. Sari jenis Chetinad paling diminati pembeli.

Liputan6.com, Bangalore: Kain sari adalah satu di antara buah tangan yang dicari saat orang pergi ke India. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Kota Bengalore adalah daerah penghasil kain sari bermutu tinggi dengan harga yang lebih terjangkau. Demikian hasil pantauan SCTV di Kota Bangalore, India, baru-baru ini.

Kain sari adalah kain khas India yang terkenal indah dan halus. Secara umum terdapat delapan jenis sari yang terkenal di Bengalore: sari jenis Kalak Shetra, Ikat Cotton, Tadapatazi, Adithi, Kapthat, Chettiad, dan Venkatagen. Tiap jenis kain sari memiliki harga yang berbeda, mulai dari 250 rupee hingga lebih dari 1.000 rupee..

Jenis Kelak Setra misalnya. Sari jenis itu biasa dijual dengan harga 600 rupee per lembar. Jenis Ikat Cotton biasa dijual dengan harga 250 rupee. Namun, dari kedelapan jenis sari tadi, jenis Chetinad adalah yang paling diminati pembeli, karena model, corak ornamen, dan jenis sutera yang digunakan. Kini, produksi sari Bengalore telah merambah hingga ke luar India, termasuk ke Indonesia.(ICH/Adhar Hakim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini