Sukses

Film <i>Memoirs of A Geisha</i>

Liputan6.com, Chiba: Studio film Hollywood mengadaptasi novel papan atas Memoirs of a Geisha ke layar lebar. Uniknya, film berlatar belakang tradisi Jepang ini didominasi sineas Cina. Sayuri (Geisha) diperankan oleh Zhang Ziyi yang populer lewat Crouching Tiger Hidden Dragon, Hero, dan House of Flying Daggers. Aktris Cina lain, Gong Li, turut membintangi film ini bersama Michelle Yeoh. Mereka tampil di Chiba, Jepang, baru-baru ini, saat mempromosikan film yang ide ceritanya diilhami kisah nyata itu.

Seperti judulnya, film ini mengangkat kisah perjalanan hidup seorang geisha bernama Chiyo alias Sayuri. Lahir dari keluarga miskin, Sayuri kemudian pindah ke Kota Okiya untuk mengubah nasib. Namun, keceriaannya diruntuhkan Hatsumomo, geisha cantik yang berhati jahat. Harapan Sayuri kembali bangkit sejak bertemu geisha lain, Mameha yang bijaksana.

Dari sini alur cerita mengalir, melibatkan berbagai intrik kehidupan seorang geisha di Jepang pada era 1920-an. Mulai dari keharusan menghibur laki-laki hingga berbagai perjuangan yang harus ditempuh perempuan untuk menjadi populer sekaligus berkuasa. Geisha Sayuri yang semula hanyalah seorang gadis hina, akhirnya tumbuh menjadi perempuan penakluk Kota Gion.

Penulis novel Memoirs of A Geisha, Arthur Golden menekankan bahwa geisha bukan berarti pekerja seks komersial, melainkan seniman. Untuk menghindari kontroversi akibat konotasi negatif ini, di Jepang, judul film ini diganti menjadi Sayuri.(TNA/Nlg)
    Loading