Sukses

Ratusan Pemuda Menolak Pemilihan Ulang Gubernur Lampung

Pengunjuk rasa menuding pemilihan ulang gubernur adalah rekayasa Fraksi PDI Perjuangan lantaran jagoannya pasangan Oemarsono dan Samsuria Riakudu kalah dalam pemilihan gubernur Lampung sebelumnya.

Liputan6.com, Bandar Lampung: Gelombang unjuk rasa menentang pemilihan ulang gubernur terus berlanjut di Bandar Lampung, Lampung, sejak Senin hingga Sabtu (22/5). Kali ini, ratusan orang yang tergabung dalam Forum Pemuda Lampung Bersatu turun ke jalan-jalan protokol di Bandar Lampung. Dalam orasinya para demonstran mengatakan proses pilgub ulang hanya akal-akalan kelompok anggota Dewan yang tidak terpilih lagi dalam pemilu legislatif 5 April silam.

Pengunjuk rasa mengatakan proses pilgub ulang terkesan ajang pengerukan uang dari para calon gubernur. Lebih jauh, pilgub ulang dianggap rekayasa Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan setelah jagoannya, pasangan Oemarsono dan Samsuria Riakudu, kalah dalam pilgub sebelumnya.

Sementara itu, Fraksi TNI-Polri yang berjumlah delapan orang menyatakan tidak akan datang saat pemilihan gubernur. Langkah serupa juga dilakukan Fraksi Keadilan. Sebelumnya, Fraksi Kesatuan Kebangsaan menarik calonnya Oemarsono-Isme Roni dengan alasan memberi kesempatan fraksi lain untuk mencalonkan kandidat baru [baca: Pemilihan Ulang Gubernur Lampung Batal]. Akibatnya pemilihan ulang gubernur Lampung yang dijadwalkan 15 Mei silam tidak dapat dilakukan. Sebab, tata tertib pemilihan mensyaratkan minimal dua fraksi yang mencalonkan dua pasang cagub dan wakil gubernur.(TNA/Bisri Merduani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini