Sukses

Mengenal "Clean Beauty" yang Cukup Populer sebagai Rutinitas Kecantikan, Apa Itu?

Perawatan kulit "Clean Beauty" yang kini cukup populer. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan sehat memang membantu mengurangi paparan tubuh terhadap racun. Biasanya, makanan yang sehat diidentikan dengan kebersihan dari makanan itu sendiri. Namun bagaimana jika kebersihan dilakukan dalam rutinitas kecantikan?

Ya, sebuah tren terbaru kini muncul dalam dunia rutinitas kecantikan sebagai "Clean Beauty". Meski tidak ada definisi khusus, namun sebagian besar pakar perawatan kulit pun setuju bahwa clean beauty atau kecantikan yang bersih artinya menggunakan bahan-bahan yang tidak beracun. Konsep ini berlaku sama dengan clean eating yang Anda temui dalam pola makan.

Di clean beauty, sebenarnya tidak fokus pada penggunaan bahan-bahan yang benar-benar alami saja, seperti tumbuhan. Beberapa bahan yang dibuat melalui teknologi laboratorium yang aman pun juga bisa digunakan dalam rutinitas kecantikan clean beauty. Syaratnya, bahan yang dibuat dengan teknologi laboratorium harus terbebas dari kandungan berbahaya. Seperti, parabens, sodium lauryl sulfate, triclosan, dan pewangi dan pewarna sintetis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilih produk secara cerdas

Mulai saat ini, Anda bisa memulai clean beauty dengan menggunakan produk perawatan kulit dan makeup yang menggunakan bahan-bahan non toksik. Bahan-bahan alami ini aman bagi kulit dan tidak akan menyebabkan iritasi kulit jangka panjang.

Namun permasalahannya terdapat di industri kecantikan yang sebenarnya tidak diatur dalam undang-undang yang jelas soal bahan pembuatnya. Terlebih mengatur soal penggunaan bahan alami dalam produk kecantikannya.

Sebagai penggunan yang cerdas, Anda perlu memastikan produk clean beauty yang Anda gunakan benar-benar menggunakan bahan alami. Anda hanya perlu lebih teliti membaca label pada kemasan atau cari tahu merek apa saja yang sudah mengklaim bahwa produknya menggunakan bahan alami.

 

3 dari 3 halaman

Bagian dari gaya hidup

Memang, menggunakan semua produk perawatan kulit yang alami tidak akan membuat kulit cahaya bercahaya seketika. Namun clean beauty merupakan sebuah gaya hidup yang harus dilakukan secara terus menerus dan bukan produk instan. Sama halnya dengan sekali makan salad tidak akan membuat Anda kurus seketika. Tidak ada salahnya untuk memulai clean beauty dari sekarang sebagai investasi kecantikan di masa mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.