Sukses

Ini Dia Perbedaan Komedo Hitam dan Putih

Liputan6.com, Jakarta Komedo adalah permasalahan kulit yang sering ditemukan. Bintik–bintik ini paling umum terdapat di area hidung dan sangat mengganggu penampilan. Paling mudah menyamarkan dengan mengoleskan concealer atau alas bedak. Namun jika dilakukan terus menerus, keadaan pori akan semakin tersumbat dan memberikan masalah kulit yang lebih kompleks.

Apa itu komedo

Komedo merupakan istilah dari pori-pori wajah yang tersumbat kotoran, namun kondisinya bisa terbuka atau tertutup. Yang pasti, komedo menyumbat kelenjar minyak pada wajah. Dua jenis komedo adalah komedo hitam atau blackheads dan komedo putih atau whiteheads.

Mengapa muncul?

Faktor yang paling banyak menyebabkan munculnya komedo di bagian wajah adalah kelebihan minyak. Karena itu, komedo paling sering muncul di daerah T wajah yang biasanya lebih berminyak. Saat kulit mengalami kelebihan minyak, sebum menutupi pori-pori dan tertinggal di dalamnya.

Blackheads vs whiteheads

Komedo putih atau whiteheads terletak di dalam kulit hingga tak mengalami oksidasi dengan udara. Biasanya whiteheads bisa kita temukan dengan menekan pori-pori wajah, secara otomatis, ia akan muncul ke permukaan.

Cara menghilangkan komedo putih juga terbilang lebih mudah, Anda bisa pergi ke klinik kecantikan dan facial, atau dapat melakukan sendiri di rumah. Namun yang perlu diperhatikan, jagalah kebersihan alat dan tangan ketika ingin membersihkan pori kulit.

Sedangkan blackheads atau komedo hitam terasa lebih mengganggu penampilan karena warnanya hitam begitu jelas dan tampak. Blackheads berwarna hitam karena ternyata sebum mengandung unsur melanin. Pigmen yang sama yang berpengaruh pada warna kulit, rambut dan mata. Karena blackheads keluar dari permukaan kulit, maka komedo ini mengalami oksidasi langsung dengan udara hingga warnanya menghitam.

Biasanya, komedo hitam tidak semudah mengeluarkan komedo putih. Bentuknya lebih keras dan tampak lebih menempel pada kulit. Memiliki banyak komedo berwarna hitam memang tidak terasa nyaman, apalagi blackheads memiliki tekstur kasar cenderung terasa timbul.

Walau faktor genetik bisa jadi alasan mengapa blackheads muncul, tetap ada cara untuk mencegah. Gunakan makeup dengan kandungan bebas minyak dan pembersih wajah yang benar-benar mengangkat minyak dari wajah. Masker berbahan dasar clay terbukti ampuh untuk mencegah datangnya blackheads. Gunakan satu atau dua minggu sekali untuk mengontrol kelebihan minyak di wajah.

Loading