Sukses

Viral Persahabatan 6 Tahun Antara Anak Non Disabilitas dan Difabel

video manisnya persahabatan sekaligus menyentuh tersebut menunjukkan seorang siswa sekolah menengah di China yang terus mendukung teman sekelasnya yang difabel

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini beredar video yang menerima banyak perhatian netizen dengan banjiran pujian untuk persahabatan antara anak non-disabilitas dan disabilitas yang ada di dalam video.

Dilansir dari SCMP, video manisnya persahabatan sekaligus menyentuh tersebut menunjukkan seorang siswa sekolah menengah di China yang terus mendukung teman sekelasnya yang difabel.

Menurut laporan The Paper, Zhu Jinxiang, dari provinsi Jiangxi di Tiongkok tenggara, bersikeras untuk membantu teman sekelasnya yang difabel Zhong Huaqiang meminimalkan kesulitan yang ia hadapi di sekolah.

Hal ini telah ia lakukan selama enam tahun terakhir.

 

Dalam video viral pasangan itu, Zhu menggendong Zhong saat ia berjalan ke ruang kelas dan meletakkan Zhong di kursinya.

Saat kelas selesai, Zhu, yang duduk di sebelah Zhong, berbalik untuk menanyakan apakah Zhong perlu minum atau ke toilet.

Zhu dan Zhong telah berteman sejak tahun pertama sekolah menengah mereka. Sejak itu Zhu selalu mendampingi Zhong di sekolah.

Persahabatan itu adalah hubungan dua arah, dengan Zhu mendukung Zhong secara fisik, sementara Zhong berprestasi secara akademis di sekolah dan memotivasi Zhu untuk berhasil dalam studinya.

“Kami saling membantu. Saya membantunya mengatasi hal-hal kecil dalam hidup, tetapi ia mendukung saya dalam studi dan kehidupan saya dan itu membuat saya menjadi diri saya yang lebih baik,” kata Zhu kepada The Paper.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyentuh Hati Pengguna Medsos

 

Guru mereka, yang bermarga Xiao, mengatakan bahwa persahabatan yang mengharukan antara Zhu dan Zhong telah menginspirasi banyak teman sekelas mereka untuk saling membantu.

Kisah mereka telah menyentuh banyak pengguna media sosial di China.

“Itu menghangatkan hati saya. Saya harap persahabatan mereka bisa bertahan selamanya,” komentar seorang pengguna media sosial.

Orang lain menambahkan: "Cinta ada di mana-mana".

 

3 dari 3 halaman

Kisah Persahabatan Sejati

Pengguna media sosial China secara teratur terpikat oleh kisah-kisah tentang persahabatan yang penuh kasih. Pada November tahun lalu, seorang wanita di China tengah yang mencari saran online untuk membantu temannya yang beratnya hanya 35 kg menjadi viral di China.

Pada bulan Oktober tahun lalu, seorang bocah laki-laki berusia dua tahun di Tiongkok timur yang memperkenalkan sahabatnya kepada ibunya dalam adegan yang mengharukan membuat jutaan orang senang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.