Sukses

Cedera Kepala Seperti yang Dialami David Ozora Bisa Picu Disabilitas Ringan hingga Berat

Cedera kepala berat seperti yang dialami Cristalino David Ozora Latumahina bisa berujung pada kondisi disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta Cedera kepala berat seperti yang dialami Cristalino David Ozora Latumahina bisa berujung pada kondisi disabilitas.

David Ozora adalah korban penganiayaan yang dilakukan anak eks pejabat pajak Mario Dandy Satriyo. Akibat kejadian itu, David sempat koma dan kini dirawat di rumah sakit.

Terkait cedera kepala berat yang dapat berujung disabilitas, dokter spesialis bedah saraf Eka Hospital BSD Setyo Widi Nugroho memberi penjelasan secara umum.

Menurutnya, ada lima status yang bisa disandang korban cedera kepala berat di akhir masa perawatan.  

“Ada lima penilaian status pasien, ada yang meninggal, berujung disabilitas parah, disabilitas sedang, disabilitas ringan, dan tanpa disabilitas,” kata Setyo dalam temu media di Jakarta Pusat, Senin (13/3/2023).

Risiko disabilitas pada pasien cedera kepala berat memang nyata. Disabilitasnya sendiri berupa vegetative state.

Vegetative state itu begini, kita seperti pohon, hidup tapi tidak bisa memahami lingkungan. Bisa hidup, bisa makan, minum, fungsi-fungsi dasar seperti jantung masih berfungsi tapi tidak bisa kontak dengan lingkungannya,” kata Setyo.

Disabilitas parah juga ditandai dengan adanya pemahaman akan lingkungan tapi tidak bisa merespons.

“Ini beberapa kemungkinan, 75 persen dari data statistik bedah saraf menyatakan seperti itu.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiga Tingkatan Cedera Kepala

Cedera kepala berat memang menjadi masalah pelik dalam bedah saraf, lanjut Setyo. Pemulihannya pun tidak sebentar. Butuh waktu sekitar enam bulan perawatan untuk pasien kembali menjalani keseharian.

“Saya berbicara secara umum saja, tidak berbicara kasus karena yang sangat paham tentu dokter yang menanganinya.”

Setyo pun menjelaskan, cedera kepala secara klinis dibagi tiga, yakni cedera kepala ringan, sedang, dan berat.

“Pada cedera berat yang pasiennya koma, sekitar 50 persen pasien biasanya tidak tertolong. 50 persen lainnya kalau survive bisa dalam kondisi berat. Hanya 25 hingga 30 persen pasien cedera kepala berat yang bisa sembuh hingga seperti keadaan semula atau normal,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Perbaikan 2 Minggu Pertama

Setyo pun menceritakan pengalamannya dalam merawat pasien. Menurut pemantauannya, jika di dua minggu pertama pasien memperlihatkan kemajuan yang cukup signifikan maka biasanya status pasien di akhir akan cukup baik.

“Ya mudah-mudahan, kita lihat ada perbaikan, kita berdoa bersama lah semoga pasien mendapat kebaikan.”

Dokter yang juga bertugas di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) ini menggarisbawahi. Masalah utamanya bukan soal lokasi yang terkena pukulan, tapi terkait mekanismenya.

“Dalam cedera kepala itu ada yang namanya mekanisme yang disebut dengan akselerasi, diselerasi, dan rotasi. Jadi ada orang yang dipukul sampai terhentak, putar-putar, sarafnya regang, robek, dan putus.”

4 dari 4 halaman

Faktor Utama

Pemukulan bukan hal utama yang sering menyebabkan cedera kepala berat. Faktor utama terjadinya cedera ini adalah kecelakaan motor.

“Yang paling banyak sebenarnya bukan dipukul, yang paling banyak itu kalau kecelakaan motor,” kata Setyo.

Ia berpesan, jika terjadi kecelakaan motor maka penanganan pada korban tidak bisa sembarangan.

Hal utama yang perlu dilakukan adalah memastikan stabilisasi posisi korban, pastikan jalan napasnya baik. Pasalnya, orang yang kecelakaan kemudian kekurangan oksigen karena jalan napasnya terhalang maka angka kematiannya meningkat dua kali lipat.

Penstabilan anggota tubuh ini termasuk meluruskan leher dengan collar neck, dalam keadaan trauma, kepala pasien tidak boleh miring. Pasien pun tidak boleh didudukkan, pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.