Sukses

Perusahaan Fashion Zara Bakal Rekrut Ribuan Pekerja Disabilitas

Pemilik Zara berkomitmen untuk secara dramatis meningkatkan lapangan kerja bagi penyandang disabilitas selama operasinya.

Liputan6.com, Jakarta Pemilik Zara berkomitmen akan meningkatkan lapangan kerja bagi penyandang disabilitas.

Inditex, perusahaan Spanyol di belakang Zara dan beberapa merek lain, mengatakan bahwa mereka bermaksud menggandakan jumlah penyandang disabilitas di angkatan kerjanya dalam dua tahun ke depan.

Dorongan perekrutan ini akan meningkatkan inklusi di toko, gudang, kantor, dan di seluruh platform logistik Inditex di seluruh dunia, kata para pejabat, dengan lebih dari 1.500 penyandang disabilitas diperkirakan akan dipekerjakan, dilansir Disabilityscoop.

Inditex bahkan mengatakan berencana untuk melampaui persyaratan ketenagakerjaan disabilitas di yurisdiksi tempatnya beroperasi.

"Di tempat-tempat di mana tidak ada mandat seperti itu, perusahaan mengindikasikan bahwa mereka akan berusaha agar penyandang disabilitas berjumlah minimal 2 persen dari karyawannya," tulis Inditex.

Óscar García Maceiras, CEO Inditex, membuat ikrar untuk mengembangkan lapangan kerja disabilitas selama pertemuan bulan ini dengan direktur jenderal International Labor Organization (ILO), Gilbert F. Houngbo. Ia mengumumkan putusan tersebut dalam pertemuan di Jenewa. Pada pertemuan tersebut, Inditex bergabung dengan Global Business and Disability Network (GBDN) sekelompok pengusaha yang berkomitmen pada 10 prinsip inklusi disabilitas.

Sepuluh prinsip Piagam tersebut mencakup persamaan perlakuan dan kesempatan, aksesibilitas dan peningkatan kesadaran, penyediaan akomodasi yang wajar di tempat kerja dan kerja sama dengan organisasi penyandang disabilitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan PBB

Direktur Jenderal The International Labour Organization's (ILO) menyambut baik langkah Inditex.

“Perusahaan semakin mengakui bahwa keragaman, kesetaraan, dan upaya inklusi mereka harus mengatasi inklusi penyandang disabilitas untuk mengarah pada perubahan bisnis yang positif dan berkelanjutan. Global Business and Disability Network ILO menyediakan ruang unik bagi perusahaan untuk saling belajar dan mendukung satu sama lain dalam perjalanan inklusi disabilitas masing-masing,” kata Houngbo.

“Inklusi disabilitas di tempat kerja merupakan komponen inti dari komitmen kami kepada masyarakat,” kata Maceiras. “Keanekaragaman, keadilan, dan inklusi adalah nilai-nilai yang kita anut, nilai-nilai yang kita kejar sehari-hari, agar berdampak di dalam Inditex, serta di sekitar kita: komitmen kami adalah merancang peluang bagi semua orang,” tegasnya.

 

3 dari 3 halaman

Ribuan Difabel Dibutuhkan

Dalam laman resminya ILO, ia menyatakan Inditex akan mempekerjakan 1.500 penyandang disabilitas di seluruh dunia di seluruh jaringan toko, fasilitas logistik, gudang, dan kantornya di seluruh dunia untuk menunjukkan komitmennya terhadap GBDN. Di pasar di mana tidak ada batasan khusus yang disyaratkan, target perusahaan adalah setidaknya 2 persen dari staf lokalnya adalah penyandang disabilitas.

Didirikan pada tahun 2010, GDBN ILO adalah jaringan unik yang dipimpin pemberi kerja di seluruh dunia yang terdiri dari 36 perusahaan multinasional, 34 jaringan bisnis dan disabilitas nasional, termasuk di negara berkembang, serta delapan anggota asosiasi non-bisnis (lembaga akademik dan LSM penyandang disabilitas dan pembangunan), bekerja sama untuk mempromosikan inklusi penyandang disabilitas di sektor nirlaba swasta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini