Sukses

Lukisan Para Seniman Difabel Dipajang di Blue House Korea

Liputan6.com, Jakarta Bekas kantor kepresidenan Cheong Wa Dae atau Blue House, yang terletak di pusat kota Seoul Korea Selatan menjadi tempat pameran beragam karya seni seniman penyandang disabilitas. Lukisan aktris Jung Eun Hye salah satunya.

Dilansir dari Arirang, ini adalah pameran pertama, menyusul rencana untuk mengubahnya menjadi kompleks seni dan budaya. 

Di ruang pameran yang terletak di lantai dua Chunchugwan, sebanyak 60 karya seni dipamerkan. Mereka datang dalam berbagai genre, mulai dari seni Korea, seni Barat, seni sastra, kaligrafi, hingga kerajinan.

Lukisan "Percy Jackson and Math Drawings" oleh Kim Hyun-woo, yang menderita Down Syndrome, sementara dipindahkan dari Kantor Kepresidenan Yongsan untuk pameran.

Artis dan aktris Jeong Eun-hye, yang memiliki disabilitas yang sama, juga ambil bagian.

Belum lagi penyulam Lee Jung-hee yang merupakan warisan budaya intangible dari Provinsi Jeollabuk-do. Pengunjung juga dapat menikmati karya seniman pendatang baru.

“Saya sangat senang dan merasa terhormat serta bersyukur bisa berpartisipasi dalam pameran ini,” ujar Lee Jin Won, 20 tahun, seniman penyandang disabilitas intelektual.

"Saya merasakan semua jenis emosi yang berbeda. Ketika Jin-won masih muda, saya khawatir dia bahkan tidak bisa mengatakan dasar-dasar seperti "Saya lapar". Tapi ia perlahan menjadi lebih baik dan sekarang memamerkan kemampuannya. bakat artistik dan bahkan berbicara di depan kamera," Ujar Kang Seon Ok, ibunya Lee Jin Won.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengunjung Disabilitas Bisa Menikmati Pameran

Menariknya lagi, pameran ini juga mempertimbangkan pengunjung penyandang disabilitas. Misalnya untuk tunanetra, ada brosur dalam braille dan komentar audio yang menjelaskan setiap bagian dengan jelas. Serta ada interpretasi bahasa isyarat bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran dan akses untuk orang-orang di kursi roda.

“Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat umum bahwa disabilitas tidak menghentikan orang untuk menjadi seniman. Kami juga berharap seniman difabel dan karyanya lebih diapresiasi,” jelas Bae Eun Joo, President Federation of Disability Culture & Arts Association of Korea.

Bahkan bagi yang berkunjung pada akhir pekan akan memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan para seniman.

Masuknya gratis dan tidak perlu reservasi.

3 dari 4 halaman

Siapa Jung Eun-hye?

Perjalanan hidup Jung Eun-hye sebenarnya sudah lama menjadi perbincangan publik Korea. Ia adalah seniman di Jamsil Creative Studio di Yayasan Seni dan Budaya Seoul.

Ia mulai melukis potret pada tahun 2016 di Munho River Market, Gyeonggi-do, dan menjadi terkenal sebagai seniman 'Your Face' dengan menggambar 4.000 wajah.

Ia juga berbagi kehidupan sehari-harinya sebagai seorang artis melalui saluran YouTube 'Your Face, Mrs. Eunhye'.

Ibunya, Jang Cha-Real, yang juga penulis kartun 'Your House', menggambarkan kehidupan sehari-hari membesarkan seorang putri dengan Down Syndrome, mengatakan dalam sebuah wawancara di masa lalu.

“Setelah lulus dari sekolah, orang dewasa dengan disabilitas perkembangan tidak punya tempat untuk pergi, termasuk orang dengan gangguan obsesif kompulsif, dan skizofrenia juga. Episode Young-hee, yang menunjukkan gejala skizofrenia dalam drama, sebenarnya adalah kisah Jung Eun-hye," katanya, dikutip dari NewsDirectory3.

4 dari 4 halaman

Berkat Melukis Eun-hye Merasa Hidup

Penulis Jang berkata, “Saya mendirikan studio di depan sekolah dan menyuruh Eun-hye menggambar ia sempat ragu. Tetapi setelah melihat anak-anak lain menggambar, ia ikut menggambar.

"Saat saya mulai melukis dengan sungguh-sungguh, gejala tics dan skizofrenia menghilang, dan saya bisa hidup sebagai makhluk sosial," ujar Eun Hye .

Kisah Jung Eun-hye juga dibuat menjadi film dokumenter. 'Your Face (Sutradara Seo Dong-il)', yang memenangkan Excellence Award di Festival Film Lingkungan Seoul tahun lalu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS