Sukses

CDC Rilis Data Penyandang Disabilitas Terbaru di AS, Banyak yang Alami Obesitas

CDC memaparkan data-data terkait penyandang disabilitas di AS yang ternyata berpengaruh dalam segala aspek kehidupan mereka, terutama dalam hal bermasyarakat, kesehatan, dan akses.

Liputan6.com, Jakarta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) baru saja merilis infografis disabilitas. Dengan judul besar 'Disabilitas Mempengaruhi Kita Semua', CDC memaparkan data-data terkait penyandang disabilitas di AS yang ternyata berpengaruh dalam segala aspek kehidupan mereka, terutama dalam hal bermasyarakat, kesehatan, dan akses.

Menurut CDC, 61 juta orang dewasa di Amerika Serikat hidup dengan disabilitas atau 26 persen (satu dari 4) orang dewasa di Amerika Serikat memiliki beberapa jenis disabilitas. Persentase penyandang disabilitas tertinggi di Amerika bagian Selatan. Dengan rincian sebagai berikut:

Persentase orang dewasa dengan jenis disabilitas fungsional

- 13,7 persen penyandang disabilitas memiliki disabilitas mobilitas dengan kesulitan serius saat berjalan atau menaiki tangga.

- 10,8 persen penyandang disabilitas memiliki disabilitas kognisi dengan kesulitan serius untuk berkonsentrasi, mengingat, atau membuat keputusan.

- 6,8 persen penyandang disabilitas memiliki disabilitas hidup mandiri dengan kesulitan melakukan tugas sendirian.

- 5,9 persen penyandang disabilitas tuli atau mengalami kesulitan mendengar yang serius

- 4,6 persen penyandang disabilitas memiliki disabilitas penglihatan dengan kebutaan atau kesulitan melihat yang serius bahkan saat memakai kacamata.

- 3,6 persen penyandang disabilitas kesulitan dalam merawat diri, termasuk kesulitan berpakaian atau mandi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disabilitas dalam Masyarakat

Disabilitas sangat umum terjadi pada kelompok orang dewasa yang lebih tua, wanita dan minoritas.

Sebagaimana data yang CDC telah kumpulkan maka didapat data sebagai berikut:

- 2 dari 5 orang dewasa berusia 65 tahun ke atas memiliki disabilitas

- 1 dari 4 wanita memiliki disabilitas.

- 2 dari 5 non-Hispanic American Indian/Alaska Natives memiliki disabilitas.

Disabiltas dan Kesehatan

Orang dewasa yang hidup dengan disabilitas lebih mungkin mengalami obesitas, merokok, memiliki penyakit jantung dan diabetes. Berikut datanya:

- 38,2 persen orang dewasa dengan disabilitas mengalami obesitas sementara 26,2 persen orang dewasa tanpa disabilitas mengalami obesitas.

- 28,2 persen orang dewasa dengan disabilitas merokok sementara 13,4 persen orang dewasa tanpa disabilitas merokok.

- 11,5 persen orang dewasa penyandang disabilitas memiliki penyakit jantung sementara 3,8 persen orang dewasa tanpa disabilitas memiliki penyakit jantung.

- 16,3 persen orang dewasa penyandang disabilitas menderita diabetes sementara 7,2 persen orang dewasa tanpa disabilitas menderita diabetes.

Akses Disabilitas dan Perawatan Kesehatan

Hambatan akses perawatan kesehatan untuk orang dewasa usia kerja termasuk:

- 1 dari 3 penyandang disabilitas dewasa berusia 18 hingga 44 tahun tidak memiliki penyedia layanan kesehatan

- 1 dari 3 penyandang disabilitas dewasa berusia 18 hingga 44 tahun memiliki kebutuhan perawatan kesehatan yang tidak terpenuhi karena biaya pengeluaran dalam satu tahun terakhir

- 1 dari 4 penyandang disabilitas dewasa berusia 45 sampai 64 tahun tidak melakukan pemeriksaan rutin dalam satu tahun terakhir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.