Sukses

Ciptakan Layar Sentuh Braille, Startup Dot Inc dapat Dukungan Google untuk Bangun Infrastruktur Inklusif

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan rintisan Dot Inc. terpilih untuk berpartisipasi dalam program Google for Startups Accelerator: Sustainable Development Goals (GfSAS).

Dot Inc. yang juga anggota Born2Global Center menciptakan produk dan layanan bebas hambatan bagi penyandang disabilitas khususnya orang dengan gangguan penglihatan (dengan fokus pada layar sentuh) sebagai bagian dari upaya membangun infrastruktur publik yang inklusif.

Program ini memilih 60 perusahaan rintisan dari seluruh dunia yang misinya sejalan dengan SDG PBB, yang kemudian menerima dukungan terkonsentrasi dari Google untuk hasil terkait SDG mereka. Melalui program tersebut, Dot Inc. saat ini menyandang status kemitraan resmi yang diberikan oleh Google, seperti dilansir dari Businessinsider.

Pemilihan Dot Inc. didasarkan pada peningkatan lingkungan pendidikan bagi tunanetra melalui perangkat layar sentuh pendidikannya, yang juga diakui membantu mengurangi ketidaksetaraan. Dalam beberapa bulan mendatang, Dot Inc., bersama dengan startup terpilih lainnya dan sekitar 170 mentor, akan berpartisipasi dalam lebih dari 220 sesi yang mencakup, di antara banyak hal lainnya, beberapa sesi mentoring.

Ah-Rum Choi, Direktur Social Impact Dot Inc., mengatakan, "Misi kami terkait dengan tiga SDG: pendidikan berkualitas, pengurangan kesenjangan, dan kota serta komunitas yang berkelanjutan. Kami merasa terhormat diundang untuk berpartisipasi dalam program Verizon, hasil dari upaya kami selama bertahun-tahun: yaitu, memperoleh Sertifikasi B Corp dan sertifikasi usaha sosial dan berpartisipasi dalam program CTS KOICA dan program Social Outcome Incentives."

 

Simak Video Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Pernah mendapat hadiah

Sebelumnya, Dot.Inc telah menerima hadiah utama di Korea Universal Design Awards 2021 untuk desain dan fungsinya yang dapat digunakan oleh mereka yang memiliki atau tidak memiliki disabilitas. Teknologi tersebut kemudian telah diterapkan untuk membantu individu dengan gangguan penglihatan, pendengaran, dan/atau mental, serta telah dipasok ke museum, kantor distrik, sistem kereta bawah tanah Busan, dan sekolah.

Pada Juni 2022 , perusahaan akan merilis Dot Pad, perangkat layar sentuh braille dengan 2.700 pin yang memberikan akses pendidikan berkualitas tinggi kepada individu dengan gangguan penglihatan (dengan gambar-gambar, ilustrasi grafis, pengkodean, dan lembaran musik- fungsi membaca) serta konten hiburan, seperti game dan video.

Dot Inc. juga terpilih sebagai finalis dalam kategori inovasi disabilitas Verizon Forward for Good Accelerator, sebuah program inkubasi yang dioperasikan oleh Verizon, penyedia layanan telekomunikasi terkemuka di AS. Pencapaian ini menempatkan Dot Inc. di atas 0,01 persen di bidang teknologi aksesibilitas (di antara lebih dari 3.000 pelamar).

Jika Dot Inc. dinobatkan sebagai pemenang kategori, ia akan menerima hadiah uang tunai sebesar KRW 60 juta (Rp719.400.000), yang oleh perusahaan akan digunakan untuk menerapkan jaringan 5G paling stabil di AS ke Korea Selatan untuk menjajaki usaha bisnis berdasarkan keunggulannya yang bebas hambatan.

Eric Ju Yoon Kim dan Ki Kwang Sung, pendiri Dot Inc., mengatakan, "Kami sangat bersyukur bahwa teknologi kami secara konsisten diakui di panggung internasional. Pada tahun 2022, kami akan bekerja sama dengan perusahaan global untuk membuat alat bantu Korea teknologi standar emas di bidangnya di seluruh dunia."