Sukses

Seorang Ayah Buatkan Kerangka Robotik untuk Membantu Putranya Berjalan

Liputan6.com, Jakarta Seorang ayah asal Prancis membuatkan kerangka robotik untuk membantu berjalan putranya yang lumpuh.

Dilansir dari BBC, seorang insinyur robotik, Jean-Louis Constanza, membuat robotik untuk putranya yang berusia 16 tahun, Oscar, untuk membantunya berjalan.

Oscar adalah pengguna kursi roda. Dalam video memperlihatkan saat ia mengaktifkan setelan robotik tersebut dengan mengatakan "Robot, stand up" dan kemudian berjalan untuknya.

 

2 dari 5 halaman

Merancang sendiri

"Ini pengalaman baru bagi saya, karena sebelumnya, saya selalu memiliki asisten dan kini saya tidak lagi membutuhkan asisten. Jadi saya merasa lebih independen," kata Oscar, dikutip dari BBC.

Jean juga menyebutkan dirinya sebagai co-founder perusahaan yang membuat setelan tersebut, yang memungkinkan penggunanya untuk bergerak tegak selama beberapa jam sehari.

"Putraku, Oscar, suatu hari berbicara padaku, "Ayah kan seorang insinyur robotik, kenapa tidak membuat robot yang membuat kami (penyandang disabilitas) bisa berjalan?"," kata Jean, dikutip dari BBC, yang menjadikannya inspirasi dalam membuat setelan robot ini.

 

3 dari 5 halaman

Masih dikembangkan agar lebih ringan

Pertimbangannya, setelan yang kemudian disebut eksoskeleton yang ini masih terlalu berat untuk dijual untuk penggunaan pribadi.

Sebaiknya untuk penggunaan sehari-hari, (setelannya) harusnya jauh lebih ringan, jelas para insinyur perusahaan. Namun produk ini telah terjual seharga €150.000 (sekitar £127.700 atau Rp 256.992.300.000) di beberapa rumah sakit di beberapa negara.

4 dari 5 halaman

Infografis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut Ini: