Sukses

Ditinjau Ridwan Kamil, Jabar Mulai Vaksinasi COVID-19 bagi Disabilitas

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi penyandang disablitas pada Kamis (8/7/2021) kemarin.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi penyandang disabilitas tersebut dimulai di Balai Rehabilitas Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Wyata Guna, Kota Bandung.

"Kita sudah memulai vaksinasi massal untuk penyandang disabilitas di Jabar. Total penyandang disabilitas di Jabar sendiri sekitar 80 ribu orang," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Mengutip siaran pers di laman jabarprov.go.id pada Jumat (9/7/2021), Ridwan Kamil sendiri melakukan peninjauan langsung proses vaksinasi tersebut untuk memastikan kegiatan itu berjalan baik.

2 dari 5 halaman

Kerja Sama dengan Kemensos

Sebanyak 50 penyandang disabilitas yang terdata di Balai Wyata Guna menjalani vaksinasi COVID-19. Dalam alur proses vaksinasi, mereka mendapatkan pendampingan dari panitia pelaksana.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil menambahkan bahwa pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi disabilitas di 27 kabupaten/kota di Jabar, nantinya akan menggunakan fasilitas yang disiapkan oleh Dinas Sosial dan Kementerian Sosial.

"Kita sudah mulai di tempat-tempat yang dikelola oleh Dinas Sosial kerja sama dengan Kemensos," kata Ridwan Kamil. "Mudah-mudahan ini bisa kita selesaikan secepatnya."

3 dari 5 halaman

Menkes Targetkan 225 Ribu Disabilitas dapat Vaksinasi di Jawa-Bali

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa hingga saat ini, sudah ada lebih dari 20 ribu penyandang disabilitas yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menkes dalam sambutannya secara virtual di Pencanangan Vaksinasi COVID-19 Bagi Penyandang Disabilitas-Sentra Vaksinasi Hippindo Kemenkop UKM.

Dalam kegiatan tersebut, Budi Gunadi mengungkapkan bahwa sebelumnya ia juga telah mengunjungi beberapa lokasi vaksinasi seperti di Sentra Vaksinasi Serviam dan Rumah Sakit Jiwa Bogor.

"Targetnya memang kita ingin sesegera mungkin bisa melakukan vaksinasi disabilitas terhadap 225 ribu sasaran di Jawa dan Bali," kata Budi Gunadi pada Jumat (9/7/2021).

Menkes mengatakan, Jawa dan Bali menjadi prioritas untuk vaksinasi disabilitas karena termasuk zona merah COVID-19, dengan kenaikan kasus yang tinggi.

4 dari 5 halaman

Infografis 3 Vaksin dalam Program Vaksinasi Covid-19 Nasional Kantongi Izin WHO

5 dari 5 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini