Sukses

Terkena Imbas COVID-19, Penyandang Disabilitas di India Buka Restoran

Liputan6.com, Jakarta Sejak pandemi COVID-19 melanda, sejumlah orang tak terkecuali penyandang disabilitas terkena imbasnya. Dari sekian banyak pekerja yang dipecat, salah seorang penyandang disabilitas di India mencoba membuka restoran.

"Kami bahkan telah meminta bantuan pada pemerintah (setempat) namun tidak mendapatkannya. Ini sangat membuat kecewa. Apalagi sulit bagi kami penyandang disabilitas," kata Amit Sharma yang kehilangan kaki kanannya sejak kecil.

Begitupun dengan Gurdev, seorang difabel yang kehilangan tangan kirinya serta Anuj Sharma dan Jitendra Nagar yang lumpuh.

Untuk membuat penghasilan, akhirnya keempat orang ini berinisiatif membuka restoran. Bermodalkan uang yang mereka miliki, mereka mencoba berbisnis.

"Kami telah melayani pesanan sejak 1 Januari lalu. Pukul 6 pagi setiap hari kami bekerja, memasak dan yang lain menyiapkan tempat," ujar Amit, seperti dikutip TimesofIndia.

Pukul 10 pagi biasanya pesanan pertama datang. Batas waktu pengiriman makanan pukul 8 malam. "Ini kerja keras, tapi kami yakin hasilnya untuk kami sendiri," kata Amit.

 

2 dari 4 halaman

Antusias pembeli

Sebelum pandemi, keempat difabel ini memiliki kerja di kantor-kantor kota. Namun sejak Maret mereka tidak lagi mendapatkan pekerjaan.

Pegawai lain, Renu sempat menjalankan bisnis butik di rumah. Tapi akhirnya tutup karena tak ada pembeli. Ia pun menyukai pekerjaan di restoran yang terletak di Meerut tersebut.

Para pelanggan yang mengunjungi restoran itu sering memuji masakan mereka. "Saya yakin mereka akan berhasil," kata seseorang yang menjalankan sebuah LSM di kota itu, Anubhuti Chauhan.

Melihat antusias pembeli, Amit berharap bisa memperkerjakan lebih banyak penyandang disabilitas."Kita harus saling menjaga," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat.

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: