Sukses

Main Bola dengan Satu Kaki, Bocah Difabel 9 Tahun Dipuji Warganet

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak laki-laki penyandang disabilitas berusia 9 tahun asal Manipur, India, meruntuhkan persepsi bahwa hanya memiliki sebelah kaki tidak bisa bermain sepak bola.

Sebuah video yang belum lama ini menjadi viral menunjukkan seorang anak laki-laki tersebut jago bermain bola. Yang membuat penonton takjub yaitu karena Kunal Shrestha, nama bocah tersebut, bermain sepak bola meskipun hanya dengan sebelah kakinya.

Tak lama setelah video tersebut menjadi viral, diketahui identitas anak yang kini duduk di kelas 4 tersebut memang sudah sejak lahir ia hanya memiliki disabilitas fisik, terlahir dengan hanya satu kaki.

Kendati demikian, tak menyurutkan semangatnya untuk bermain sepak bola bersama teman-temannya. Dengan bertopang pada tongkat di sebelahnya, ia dengan lancar bermain sepak bola bersama teman-temannya.

Saat ibunya Kunal diwawancara, ia mengatakan bahwa dirinya tidak pernah membiarkan putranya merasa berbeda dari teman-teman biasanya dan selalu mendorongnya untuk melakukan apa yang cenderung dilakukan oleh setiap anak seusianya.

 

2 dari 4 halaman

Kunal tak pernah rendah diri

Ia mengatakan kalau Kunal tidak pernah menunjukkan rasa rendah diri. Ibunya bercerita bahkan Kunal tahu cara mengendarai sepeda, yang rupanya ia pelajari sendiri.

Ibu Kunal mengakui saat Kunal lahir, ia mengalami perasaan yang campur-aduk. Di satu sisi ia senang atas kelahiran Kunal dan ia bisa menjadi orangtua tetapi di waktu yang sama ia mengaku merasa kewalahan karena disabilitasnya. Namun satu yang pasti, ia telah bersumpah, "Saya bersumpah untuk tidak pernah membiarkan dia merasa berbeda dengan teman-temannya," katanya kepada RepublicWorld.

Kunal merupakan penggemar dari pemain Bengaluru FC Ajay Chettri, pesepak bola paling diminati di tempatnya. Ia mengatakan meskipun pada awalnya ia takut bermain sepak bola hanya dengan satu kaki, tetapi kemudian ia mendapatkan kepercayaan diri.

Kunal mengaku mendapat banyak dukungan dari teman-temannya dan ia bermimpi suatu saat bisa mencetak golnya sendiri.

Disabilitas tidak menghentikan Kunal untuk melakukan semua hal yang biasa dilakukan orang biasa, seperti membantu ibunya menyiapkan es loli dan pani-puri untuk bisnisnya hingga berpartisipasi dalam aktivitas fisik di sekolahnya.

Melihat sikap Kunal yang begitu berbakti dan mampu menantang persepsi akan batasan fisiknya, netizen menghujani cinta dan penghargaan untuknya dan menjadi inspirasi banyak orang.

3 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Aman Buang Masker Sekali Pakai.

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: