Sukses

Tempat Cukur di AS Siapkan Tempat Inklusif bagi Penyandang Autisme

Liputan6.com, Jakarta Sebuah tempat pangkas rambut di Meriden, AS, ingin menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan ramah bagi penyandang autisme.

Saat Anda masuk selangkah ke dalam New Style Hair Studio, Anda mungkin lupa kalau Anda sedang berada di tempat pangkas rambut. Itu karena tempat tersebut tidak terdengar banyak suara.

Adapun suara yang dapat Anda dengar di dalamnya, ditujukan untuk membuat klien yang mungkin memiliki autisme dengan pemicu sensorik yang kurang atau terlalu sensitif, bisa merasa nyaman.

"Saya melihat ada masalah di industri perawatan rambut dan saya ingin memperbaikinya. Saya ingin menghadirkan sesuatu yang baru pada pengalaman barbershop dan menurut saya penting bagi kita untuk peduli orang dengan autisme," kata Eddie Rivera, pemilik New Style Hair Studio, seperti dilansir dari NBCConnecticut.

Rivera mengatakan dia memiliki banyak klien yang mengaku kesulitan menemukan tukang cukur yang sadar risiko suara bising pada orang dengan autisme. Dan mereka mengaku sangat senang dengan dibukanya salon tersebut.

"Saya pikir penting untuk memastikan anak-anak dan orang tua mereka merasa nyaman. Saya ingin orang tua melihat bahwa kami menggunakan waktu kami dan kami benar-benar peduli dalam melayani mereka dan memberikan pengalaman yang bermanfaat," kata Rivera.

Kenyamanan menjadi prioritas bagi para tukang cukur. Rivera memiliki sertifikasi autisme dan berambisi untuk mendorong semua tukang cukur juga tersertifikasi untuk menangani orang dengan autisme.

"Kami ingin semua orang bercukur dan kami ingin semua yang keluar dari sini (selesai bercukur) merasa senang. Jadi, meskipun itu membutuhkan banyak pelatihan, biarlah," kata Steven Chaparro, teknisi pangkas rambut di New Style Hair Studio.

Kantor dokter, balai terapi, dan praktik dokter gigi adalah beberapa fasilitas yang telah ktif menjadi pusat autisme bersertifikat dan Rivera berambisi seluruh stafnya mendapatkan pelatihan tersebut.

"Memiliki pusat autisme bersertifikat adalah hal yang hebat karena memastikan bahwa sebagian besar staf di fasilitas tersebut dilatih. Saya pikir banyak dari kita yang sadar bahwa autisme itu ada dan penting untuk menyadari apa yang harus dilakukan untuk membantu orang dengan autisme," kata Jennifer Twachtman-Bassett, spesialis klinis autisme di Connecticut's Children.

 

2 dari 3 halaman

Ramah anak

James Byrd, salah satu tukang cukur di New Style Hair Studio mengatakan, "Karena anak saya autisme, hal pertama yang saya lakukan adalah mengenalkannya pada gunting dan memberinya kesempatan untuk memegangnya. Saya pikir sangat bagus bahwa tokonya ramah autisme dan kami semua mengambil langkah untuk menjadi lebih inklusif," kata Byrd.

Tanya Iacono mengatakan bahwa dia selalu mencari tukang cukur yang memiliki kesabaran dan pengertian untuk memotong rambut Rylan putranya yang berusia 12 tahun.

"Selama bertahun-tahun, anak saya kesulitan memotong rambut dan menurut saya tempat ini (New Style Hair Studio) adalah sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan," ujar Lacono.

Toko tersebut memiliki mainan untuk anak penyandang autisme yang dapat digunakan agar lebih nyaman saat memasuki toko. Tukang cukur berbicara dengan anak-anak untuk memungkinkan mereka menjadi lebih tenang dan damai.

Toko tersebut sudah mengadakan soft-opening, tetapi berencana mengadakan grand opening dalam beberapa minggu mendatang.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: