Sukses

Kabar Terbaru Christine Ha, Koki Tunanetra Pemenang MasterChef 2012

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang masih ingat dengan Christine Ha? Pemenang MasterChef 2012 sekaligus koki tunanetra pertama yang bersaing di acara populer tersebut. Kisah inspiratif dan semangatnya akan selalu dikenang sebagai salah satu momen televisi terbesar sepanjang masa.

Kala itu, Gordon Ramsay dan para juri benar-benar terpana ketika mereka pertama kali melihat Christine memasuki dapur pada episode debutnya di MasterChef di musim ketiga. Dia memasak hidangan Vietnam, catfished yang direbus dalam pot tanah liat.

Christine pun menceritakan, ia mengalami kebutaan sejak 10 tahun sebelum muncul di acara itu. Kala itu, ia didiagnosis dengan neuromyelitis optica, suatu kondisi yang mempengaruhi saraf dan sumsum tulang belakangnya. Kemudian secara bertahap ia mulai kehilangan penglihatannya dan menggunakan indra perasanya untuk memastikan bahwa semua makanannya sudah normal. Gordon memujinya karena Christine mencicipi setiap komponen hidangannya.

"Anda akan dinilai sebagaimana kami menilai orang lain di kompetisi ini," kata Gordon sebelum mencicipi hidangannya.

Gordon memuji masakan Christine, namun ia menyayangkan tidak ada nasi jadi tidak sesuai dengan standar. Namun, ia berhasil masuk ke babak berikutnya dan mendominasi setiap kompetisi.

Ada beberapa tantangan yang dilemparkan ke arahnya yang bahkan tampaknya menyulitkan bagi orang yang bukan tunanetra. Para kontestan lain tidak selalu baik padanya, entah itu memilihnya yang terakhir untuk berada di tim mereka atau membuatnya memasak kepiting hidup. Para juri menggambarkan ini sebagai cobaan tersulit bagi Christine.

Namun pada akhirnya, hasil masakannya sangat cantik dan enak. Plating crab ceviche yang ia buat sangat indah, bahkan sampai Gordon bertanya, "apakah Anda benar-benar tunanetra?" Dengan melanjutkan setelah mencicipi hidangannya, "setiap kali kamu memasak, kamu seperti malaikat".

Christine kemudian memenangkan tujuh tantangan pada musim itu sebelum membawa pulang gelar MasterChef dan $ 250.000.

 

2 dari 3 halaman

Christine Saat Ini

Setelah memenangkan MasterChef, Christine mengeluarkan buku masakannya pada tahun 2013 yang diberi judul "Recipes from My Home Kitchen: Asian and American Comfort Food."

Christine mulai memimpin acara masak bernama Four Senses yang ditujukan bagi para tunanetra dan juga menjadi juri tamu MasterChef musim keempat. Dia memimpin kontestan musim keempat dalam tantangan yang mengharuskan peserta mengenakan penutup mata saat memasak, untuk meniru jenis pengalaman yang dia miliki di acara memasak saat buta.

Christine juga membuka sebuah restoran bernama The Blind Goat. Bisa di cek di instagramnya yang bernama @theblindcook yang baru saja Christine merayakan ulang tahun pertama The Blind Goat.

Ia juga menyebutkan kalau sedang membuka restoran kedua bernama Xin Chào. Dari itu saja kita bisa melihat bahwa Christine adalah pejuang disabilitas yang totalitas dan tidak membiarkan apa pun menghentikannya untuk mencapai mimpinya, termasuk keterbatasannya pada indera penglihatan.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: