Sukses

Platform Karya Anak Bangsa untuk Berdayakan Penyandang Disabilitas

Liputan6.com, Jakarta Nicky Clara Pratiwi adalah perempuan penyandang disabilitas daksa yang aktif memberdayakan kaum marjinal dan disabilitas. Platform terbaru yang sedang ia kembangkan adalah Berdayabareng.com.

Menurutnya, Berdayabareng.com adalah wadah sosial bagi para penyandang disabilitas khususnya di daerah Indonesia Timur untuk saling berbagi.

“Aku buat Berdayabareng.com di 2019 masih baru banget, kita juga baru bikin pelatihannya. Di masa pandemi ini memang agak sulit menyapa teman-teman disabilitas di Indonesia Timur,” katanya dalam Kongkow Inklusif Konekin (18/7/2020).

Ada empat tujuan utama dari platform ini, pertama adalah kesadaran, kedua pendidikan, ketiga ketenagakerjaan, dan terakhir komunitas. Melalui platform ini ia berharap dapat membangun lingkungan inklusif di Indonesia.

2 dari 3 halaman

Sempat Menyabet Penghargaan

Perempuan usia 30 ini berharap para difabel dapat terbantu. Mengingat, platform ini dibangun sebagai bentuk kontribusinya sebagai sesama penyandang disabilitas.

“Sebagai seorang disabilitas yang mungkin lebih beruntung dibanding teman-teman disabilitas lainnya, aku ingin memberikan suatu kontribusi terhadap teman-teman disabilitas lainnya yang bisa aku bantu dengan ilmu aku.”

Beberapa pelatihan untuk difabel sudah diselenggarakan, seperti pelatihan siaran radio, pelatihan resepsionis dan perawatan rumah, hingga pelatihan admin sosial media.

Pada 2019 Berdayabareng.com menjadi salah satu pemenang dalam C ASEAN Youth Social Entrepreneurship Award. Di tahun selanjutnya, platform ini menjadi pemenang utama di kompetisi yang sama.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: