Sukses

Dua Tahun Hilang, Penyandang Tuli Kembali Berkumpul dengan Keluarga Setelah Muncul di Tik Tok

Liputan6.com, Jakarta Seorang penyandang tuli, Roddam Venkateshwarlu dapat kembali berkumpul dengan keluarganya karena unggahan video di Tik Tok.

Melansir Newz Hook, selama beberapa bulan terakhir, Tik Tok telah menghadapi banyak kritik karena mengizinkan unggahan video yang mengejek para penyandang difabel.

Faktanya, para aktivis hak-hak disabilitas ingin agar aplikasi berbagi video itu diberikan pemberitahuan hukum karena tidak mematuhi hukum disabilitas. Tetapi dalam kasus Roddam, Tik Tok telah menjadi penolong.

Kabarnya, pria usia 60 ini telah hilang selama lebih dari dua tahun. Sampai akhirnya ia terlihat melalui serangkaian video Tik Tok yang membantunya bersatu kembali dengan keluarganya di Telangana, India.

2 dari 3 halaman

Pergi untuk Cari Kerja

Roddam, yang memiliki gangguan bicara dan pendengaran, bermaksud mencari pekerjaan dua tahun lalu, tetapi tidak pernah kembali.

Keluarganya telah mencari dia ke mana-mana. Mereka mengajukan pengaduan ke polisi, tetapi sudah kehilangan harapan karena polisi tak kunjung menemukannya.

Beberapa minggu yang lalu, salah satu tetangga melihat video Tik Tok tentang program distribusi makanan selama karantina wilayah, di mana Roddam juga menjadi bagiannya.

Serangkaian video menampilkan Roddam bersama beberapa orang lainnya. Tetangga itu segera memberi tahu keluarga Roddam yang mengidentifikasi bahwa video itu diambil di Punjab.

Mereka segera melakukan perjalanan ke Punjab dengan mobil. Mereka menghubungi polisi setempat dan segera menemukan di mana Roddam tinggal.

 “Saya sangat senang bertemu ayah saya. Sungguh menyakitkan melihat dia mengemis di jalan, tapi alhamdulillah akhirnya kami menemukannya," ujar Peddiraju anak Roddam pada India.com dikutip Newz Hook.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: