Sukses

Tali Bunga Matahari untuk Tanda Disabilitas Tersembunyi

Liputan6.com, Jakarta Sunflower lanyard atau tali bunga matahari adalah inisiatif yang dirancang untuk memberi tanda bahwa seseorang memiliki disabilitas tersembunyi. Orang yang mengenakan tali ini berarti membutuhkan bantuan tambahan saat berada di tempat umum.

Benda ini bentuknya seperti tali untuk kartu nama, namun tali tersebut berwarna hijau tua dengan gambar bunga matahari di sepanjang tali. Benda ini dikembangkan oleh desainer, Tabbers Limited, bersama OCS Group UK, yang menyediakan layanan dukungan di bandara Inggris.

Dilansir dari disabilityhorizons.com, 2016 adalah kali pertamanya tali leher ini diluncurkan di Bandara Gatwick, Inggris. Lebih dari 10.000 tali telah dikumpulkan hingga saat ini.

Pada 2019, sunflower lanyard berhasil diperkenalkan ke beberapa bandara utama Inggris, supermarket, stasiun kereta api, dan tempat-tempat olahraga. Penggunaannya semakin meluas ke tempat umum lain seperti bioskop.

2 dari 3 halaman

Kriteria Pengguna dan Cara Kerjanya

Tali bunga matahari ini tidak dipakai oleh sembarang orang. Ada beberapa kriteria disabilitas tersembunyi yang menjadi syarat seseorang dapat mengenakan ini.

Jenis disabilitas tersembunyi yang memenuhi syarat untuk sunflower lanyard meliputi autisme, asperger, disabilitas belajar, demensia, arthritis, penyakit kronis, tuli, dan gangguan penglihatan.  

“Jika Anda mengenakan lanyard, staf dapat menawarkan Anda bantuan tetapi mereka tidak akan tahu jenis disabilitas dan kebutuhan individu Anda. Biarkan mereka tahu apa yang bisa mereka lakukan,” tulis disabilityhorizons.com.

Dukungan yang dapat diberikan dengan lanyard yaitu memiliki waktu lebih di kasir, bantuan mengepak tas, dan bantuan mengambil barang yang sulit dijangkau. Dengan mengenakan benda ini, orang lain akan sadar bahwa pengguna sedang berjuang atau memiliki masalah perilaku. Mereka akan maklum dan tidak menghakimi.

3 dari 3 halaman

Pengalaman Pengguna

Sunflower lanyard telah tersedia di supermarket sejak Februari 2019. Banyak penyandang disabilitas tersembunyi yang sudah mendapat manfaat dari benda ini. Seorang ibu, Nikki Pearson, mengaku benda ini mendukung putranya yang autis, Harvey, saat berbelanja.

Dalam sebuah posting Facebook, dia berkata: "Saya suka, itu membuat orang lebih sadar bahwa pengguna lanyard memiliki keterbatasan."

Dia juga menjelaskan bagaimana tali itu membantu putranya lebih dimengerti orang lain ketika dia berperilaku aneh saat berbelanja. Misalnya, berteriak atau menendang. "Dia bukan anak nakal, dia hanya memproses dan melihat atau mendengar hal-hal yang asing baginya."

Cara mendapatkan tali ini sangat mudah, cukup ambil satu di toko, bandara, stasiun atau tempat lain yang menyediakan. Lanyard ini gratis dapat disimpan dan tidak perlu memberikan bukti kecacatan.

Loading
Artikel Selanjutnya
47 Pasangan Difabel Mengikat Janji Suci dalam Pernikahan Massal di India
Artikel Selanjutnya
Pertemuan Menyentuh Anak Adopsi dengan Kakek Angkat yang Miliki Disabilitas Serupa