Sukses

Tips Hilangkan Bosan di Rumah untuk Difabel (II)

Liputan6.com, Jakarta Terbatasnya mobilitas dapat menjadi alasan bagi penyandang disabilitas lebih memilih berdiam di rumah ketimbang bepergian. Tak jarang rasa bosan ditemui dan harus disalurkan pada kegiatan tertentu.

Dilansir dari disabilityhorizons.com, berikut macam-macam kegiatan yang bisa dilakukan selama terjebak di rumah:

Mencoba permainan yang akses

Bermain game tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak. Game memiliki kedudukan di hati para gamer dewasa juga. Tak heran dalam bermain game orang-orang bisa menghabiskan waktu sangat lama hingga berjam-jam.

Untuk penyandang disabilitas, bermain game dapat dilakukan atau juga tidak. Namun, menurut seorang jurnalis lepas berkursi roda Raya Al Jadir ada beberapa game yang direkomendasikan untuk penyandang disabilitas karena cukup akses.

Game-game tersebut antara lain Candy Crush, Wordscapes, Bingo, Gin Rummy dan Ludo.

Menjadi relawan

Orang-orang kebanyakan menyangka bahwa menjadi relawan adalah kegiatan yang cukup sulit dilakukan. Memerlukan waktu lama dan mengharuskan seseorang berkegiatan di luar rumah.

Hal di atas kurang tepat karena menjadi relawan tidak selamanya seperti itu. Penyandang diabilitas juga dapat menjadi relawan tanpa harus keluar dari rumah. Mereka dapat memilih menjadi relawan tulis atau penerjemah. Kegiatan ini dapat membantu mengasah otak di waktu luang.

2 dari 2 halaman

Berkarya di Waktu Luang

Membuat karya seni

Melakukan kegiatan seni dapat mengasah keterampilan dan kreatifitas. Kegiatan seni yang dapat dilakukan dirumah contohnya adalah melukis.

Melukis dapat membuat hati lebih bahagia walaupun seseorang tidak memiliki kemampuan di bidang tersebut. Namun, mencoba hal baru dapat membantu menghilangkan kebosanan.

Menonton acara tv, film, dokumentasi

Menonton dapat menghabiskan banyak waktu dan menghilangkan kebosanan. Tontonan tidak harus selamanya berbayar seperti di Netflix. Orang-orang bisa memanfaatkan televisi yang dimiliki atau menggunakan Youtube untuk menonton berbagai video.

Untuk kenyamanan, menonton dapat didampingi dengan secangkir cokelat hangat dan semangkuk popcorn.

Menulis

Berbagai karya tulis dapat diciptakan sembari menghabiskan waktu. Dimulai dengan menulis di buku harian, artikel dan cerita pendek. Bahkan, tidak menutup kemungkinan seseorang dapat membuat novel jika tekun menulis.

Loading
Artikel Selanjutnya
Aktor X-Men Beri Dukungan untuk Korban Bullying dengan Dwarfisme
Artikel Selanjutnya
Jakarta Banjir Lagi, Jangan Nekat Terabas Genangan Air yang Tinggi