Sukses

Huynh Thi Thanh Menggambar dengan Kaki untuk Sejahterakan Hidup Sang Ibu

Liputan6.com, Jakarta - Disabilitas merupakan kondisi terbatasnya fungsi tubuh dan ruang gerak yang menyebabkan penyandangnya tidak dapat bersosialisasi secara normal.

Hal ini memunculkan stigma dalam masyarakat bahwa penyandang disabilitas tidak dapat hidup mandiri. Namun, seorang wanita dengan keterbatasan fisiknya bisa menggambar menggunakan kaki.

Melansir Bored Panda, wanita yang tinggal di daerah pegunungan terpencil di Hue, Vietnam, ini bernama Huynh Thi Thanh. Ia tinggal bersama ibunya yang sudah tua berusia 67 tahun.

Thanh tidak bisa berbicara dan melakukan kegiatan rutin seorang diri karena ia tidak bisa mengendalikan tubuhnya yang meringkuk. Kondisi ini telah ia alami sejak lahir.

Namun, di balik ketidakmampuannya, ia memiliki impian untuk membantu ibunya dengan menjual karya seninya. Bagi Thanh, ibu adalah satu-satunya dukungan yang dimiliki.

"Aku ingin membantu ibu membeli beras, memperbaiki rumah dan masih banyak lagi," katanya.

Meski sudah renta, ibunya selalu merawatnya setiap hari dan tidak pernah meninggalkan putrinya seorang diri. Untuk memotivasi anaknya, ia berpura-pura dengan mengatakan gambar buatan Thanh terjual dengan harga yang cukup mahal.

Hebatnya, Thanh yang terbaring di lantai menggambar hanya menggunakan kakinya. Gambar buatannya terlihat polos, optimistis, berwarna dan ia juga menggambar sebuah keluarga bahagia meski tidak dimilikinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Punya Saudara Kembar

Ibu Thanh dulu tergabung dalam organisasi pemuda yang bergerak di bidang relawan menjadi pasukan oranye. Kala itu, ia memiliki suadara kembar. Namun, sang saudara meninggal karena penyakit yang dideritanya.

Beruntung, Thanh masih mempunyai ibu yang sangat menyayanginya. Tak terbayangkan bagaimana kondisi dirinya apabila ibunya sudah tidak hidup lagi.

 

Reporter : Yuliasna

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini