Sukses

Membedah Kripto ZKsync Coin, dari Cara Kerja hingga Sistem yang Dijalankan

ZKsync bertujuan untuk meningkatkan jaringan Ethereum dengan mengatasi masalah utamanya yaitu skalabilitas rendah dan biaya transaksi yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - ZKsync adalah solusi penskalaan Lapisan 2 untuk Ethereum yang bertujuan untuk meningkatkan throughput transaksi jaringan sekaligus mengurangi biaya transaksi. ZKsyncdibangun di atas teknologi ZK-rollup, yang memungkinkan untuk menggabungkan beberapa transaksi menjadi satu bukti yang dapat diverifikasi di blockchain Ethereum.

Cara Kerja ZKsync

Dilansir dari situs resmi ZKsync, Selasa (18/6/2024), ZKsync bertujuan untuk meningkatkan jaringan Ethereum dengan mengatasi masalah utamanya yaitu skalabilitas rendah dan biaya transaksi yang tinggi.

Platform ini menggunakan teknologi yang dikenal sebagai zk-Rollups, yang merupakan jenis bukti tanpa pengetahuan yang memungkinkan agregasi beberapa transaksi menjadi satu, diproses secara off-chain dan kemudian diverifikasi di blockchain Ethereum. 

Metode ini secara signifikan mengurangi beban komputasi pada jaringan utama Ethereum, sehingga menurunkan biaya transaksi terkait dan mempercepat waktu transaksi.

Beberapa jaringan Lapisan 2 menggunakan rollup optimis, yang menganggap transaksi asli kecuali terbukti sebaliknya. Sebaliknya, jaringan Lapisan 2 yang menggunakan bukti tanpa pengetahuan, seperti ZKsync, menghasilkan bukti semua transaksi asli secara teratur. 

Biaya untuk mengirimkan bukti ini ke blockchain Ethereum adalah alasan mengapa jaringan ini cenderung memiliki biaya lebih tinggi daripada jaringan optimis lainnya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendiri ZKsync

Dikembangkan oleh Matter Labs, ZKsync diperkenalkan dengan tujuan menjaga keamanan dan desentralisasi blockchain Ethereum sekaligus meningkatkan efisiensinya. 

Sistem ini sangat menarik bagi pengguna dan pengembang karena menjaga kompatibilitas dengan kontrak dan alat pintar Ethereum yang ada, yang memfasilitasi integrasi tanpa batas untuk aplikasi terdesentralisasi yang ingin mendapatkan keuntungan dari transaksi yang lebih cepat dan lebih murah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.