Sukses

Harga Kripto Hari Ini 7 Juni 2023: Bitcoin dan Ethereum Kembali Perkasa

Liputan6.com, Jakarta Pemilik kripto bisa jadi semringah. Sebab harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau kembali menunjukkan keperkasaan. Mayoritas harga kripto hari ini di jajaran teratas terpantau berada di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu, 7 Juni 2023 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat 5,39 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 2,24 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 25.741 per koin atau setara Rp 403,3 juta juta (asumsi kurs Rp 14.871 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga turut menguat. ETH naik 4,07 persen sehari terakhir, tetapi masih melemah 1,25 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 27,97 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut menghijau. Dalam 24 jam terakhir BNB terbang 2,26 persen, tetapi masih terkoreksi 9,95 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 4,18 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) kembali berada di zona hijau. ADA naik tipis 0,53 persen, tetapi masih merosot 24 jam terakhir dan 6,65 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.249 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga turut perkasa. SOL terbang 1,98 persen dalam sehari. Namun SOL masih melemah 4,28 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 302.783 per koin.

XRP juga kembali menguat. XRP tumbuh 5,03 persen dalam 24 jam dan 1,65 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 7.886 per koin. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Crypto Lain

Koin Meme Dogecoin (DOGE) mengikuti jejak kripto lainnya yang menguat. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 6,47 persen, tetapi masih melemah 2,55 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.050 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,12 triliun atau setara Rp 16.656 triliun. 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

3 dari 4 halaman

El Salvador Gelontorkan Rp 14,8 Triliun Bangun Penambangan Bitcoin

Kemitraan publik-swasta di El Salvador akan menggelontorkan USD 1 miliar atau setara Rp 14,8 triliun (asumsi kurs Rp 14.849 per dolar AS)untuk menciptakan salah satu ladang penambangan bitcoin terbesar di dunia, grup bernama Volcano Energy mengumumkan pada Senin, 5 Juni 2023.

Proyek ini akan dimulai dengan USD 250 juta atau setara Rp 3,7 triliun awal, didukung oleh pemimpin utama industri Bitcoin bekerja sama dengan pengembang energi terbarukan, kata Volcano Energy dalam sebuah pernyataan. 

Dilansir Yahoo Finance, Selasa (6/6/2023), kantor Bitcoin negara bagian El Salvador juga membuat cuitan di Twitter tentang berita itu. 

Volcano Energy mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk lahan pembangkit listrik sekitar 241 MW menggunakan energi matahari dan angin di kota barat laut Metapan, yang pada akhirnya akan memberi daya pada ladang penambangan bitcoin.

Penambangan Bitcoin menggunakan komputer berkekuatan tinggi yang terhubung ke jaringan global, menyedot listrik dalam jumlah besar dalam prosesnya. Praktik intensif energi ini mendapat kecaman dari para pencinta lingkungan yang khawatir hal itu akan memperburuk hilangnya hutan dan perubahan iklim.

 

4 dari 4 halaman

Alat Pembayaran Sah

Pengumuman itu datang dua tahun setelah Presiden Salvador Nayib Bukele menyatakan niatnya untuk menjadikan bitcoin sebagai alat pembayaran sah di El Salvador.

Bukele dan para pendukung bitcoinnya mengatakan mata uang tersebut dapat mendatangkan pekerjaan, inklusi keuangan, dan investasi asing ke negara tersebut, salah satu yang termiskin di Belahan Barat.

Pemerintah El Salvador akan memiliki "partisipasi yang disukai setara dengan 23 persen dari pendapatan dalam proyek tersebut, kata Volcano Energy, dengan investor swasta memegang 27 persen.

Sisa 50 persen akan diinvestasikan kembali ke infrastruktur, kata pernyataan itu, tanpa mengklarifikasi keseluruhan struktur kepemilikan.

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.