Sukses

Harga Kripto Hari Ini 5 Juni 2023: Bitcoin Cs Masih Menguat

Liputan6.com, Jakarta

Harga kripto terus mengalami fluktuasi dengan berbagai penyebab. Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau bergerak seragam, Senin, 5 Mei 2023. Harga kripto hari ini di jajaran teratas terpantau berada di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin, 5 Juni 2023 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) masih menguat 0,78 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 2,87 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 27.272 per koin atau setara Rp 406,5 juta juta (asumsi kurs Rp 14.901 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga masih menguat. ETH naik 0,55 persen sehari terakhir dan 0,15 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 28,3 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut menghijau. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 0,02 persen, tetapi masih melemah 2,39 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 4,56 juta per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) masih berada di zona hijau. ADA pulih 1,42 persen selama 24 jam terakhir dan 0,45 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.674 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga turut menguat. SOL tumbuh 3,72 persen dalam sehari dan 5,71 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 329.481 per koin.

XRP berhasil kembali menguat setelah sempat melemah beberapa hari terakhir. XRP naik 4,13 persen dalam 24 jam dan 12,03 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 8.070 per koin. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Kripto Lainnya

Koin Meme Dogecoin (DOGE) masih menguat. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 0,52 persen, tetapi masih melemah 0,83 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.087 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,14 triliun atau setara Rp 16.988 triliun. 

3 dari 4 halaman

Regulasi Kripto Amerika Serikat Buram, Gemini Ekspansi ke Pasar Uni Emirat Arab

Pertukaran Crypto Gemini yang dimiliki oleh si kembar Winklevoss, mengumumkan rencana untuk memperoleh lisensi layanan crypto untuk pelanggan di Uni Emirat Arab (UEA).

Langkah tersebut dilakukan saat Gemini mengakui minat warga UEA yang meningkat terhadap cryptocurrency dan terlibat dalam diskusi positif dengan regulator. Menurut co-CEO Gemini, Cameron dan Tyler Winklevoss, keputusan untuk berekspansi ke UEA lebih jauh dimotivasi oleh persepsi permusuhan dan kurangnya kejelasan seputar regulasi crypto di Amerika Serikat.

Melansir Cripto News, ditulis Senin (5/6/2023), Tyler Winklevoss menyatakan ada upaya bersama untuk menjadikan UEA sebagai rumah dan pusat crypto.

Fokusnya adalah menerapkan peraturan yang dipikirkan dengan matang yang melindungi konsumen sambil mendorong inovasi di dalam perusahaan.

Sementara Gemini belum memutuskan lokasi spesifik untuk kantor pusatnya di UEA, Abu Dhabi dan Dubai telah dianggap sebagai opsi potensial.

 

4 dari 4 halaman

Di Bawah Tekanan

Pembentukan platform derivatif crypto non-AS baru-baru ini, ditambah dengan rencananya untuk ekspansi di Asia, mencerminkan komitmennya untuk mencari peluang di luar Amerika Serikat (AS) di tengah meningkatnya tekanan peraturan dari Securities and Exchange Commission (SEC).

Pertukaran juga terlibat dalam sengketa hukum yang sedang berlangsung terkait dengan kebangkrutan Genesis Global Capital, pemberi pinjaman crypto.

Akibatnya, lebih dari 200.000 pengguna program Earn Gemini dikunci dananya karena pengaturan layanan antara kedua perusahaan. Lainnya, crypto exchange Crypto.com mengumumkan finalisasi lisensinya dari Monetary Authority of Singapore (MAS) setahun setelah menerima persetujuan awal secara prinsip.

Seiring berkembangnya lanskap peraturan, banyak pertukaran kripto dan bisnis terkait mencari yurisdiksi baru untuk membangun operasi dan melayani basis pelanggan yang lebih luas.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.