Sukses

Akibat Regulasi Kripto di AS Tak Jelas, Coinbase Gugat SEC

Coinbase percaya kejelasan peraturan di ruang kripto sudah lama tertunda.

Liputan6.com, Jakarta Pertukaran cryptocurrency Coinbase telah mengajukan tindakan pengadilan untuk menekan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) tentang petisi Juli 2022 yang meminta panduan peraturan.

Dalam pengumuman pada Senin, 24 April 2023 kepala petugas hukum Coinbase, Paul Grewal, menekankan lebih dari 1.700 entitas dan individu mengirimkan komentar untuk mendukung permintaan kejelasan.

Perusahaan percaya kejelasan peraturan di ruang kripto sudah lama tertunda. Meskipun regulator sekuritas memulai serangkaian tindakan penegakan peraturan yang potensial, perusahaan kripto belum diberi tahu tentang bagaimana SEC percaya undang-undang tersebut berlaku untuk bisnis mereka.

“Dari pernyataan publik SEC dan aktivitas penegakan hukum di industri kripto, sepertinya SEC telah memutuskan untuk menolak petisi kami. Tapi mereka belum memberitahu publik. Jadi tindakan yang diajukan Coinbase hari ini hanya meminta pengadilan untuk meminta SEC membagikan keputusannya,” tulis Grewal, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (28/4/2023).

Grewal menambahkan, tidak biasa bagi suatu lembaga untuk melakukan tindakan penegakan hukum berdasarkan pandangan hukum yang belum dibagikan secara formal kepada publik. 

“Sekali lagi, Coinbase tidak meminta Pengadilan untuk menginstruksikan agensi bagaimana menanggapinya. Kami hanya meminta agar Pengadilan memerintahkan SEC untuk menanggapi sama sekali, yang secara hukum wajib mereka lakukan,” lanjut Grewal.

Perusahaan tersebut mencatat dalam pengumumannya pada Senin tindakan hukum yang diajukan adalah bagian dari permohonan berkelanjutan selama bertahun-tahun kepada para pemimpin di Washington untuk aturan jalan yang jelas.

Coinbase mengakui peraturan diperlukan dan menyoroti bagaimana perusahaan telah meminta pihak berwenang untuk menetapkan pedoman semacam itu untuk kejelasan yang lebih baik. 

Coinbase mencari “pembuatan peraturan dasar,” dan sementara tindakan pengadilan federal berusaha untuk mengatasi kebuntuan terkait petisi tersebut, perusahaan mengatakan akan dikejar sampai akhir.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.