Sukses

Harga Bitcoin Sentuh Rp 407 Juta, Rekor Tertinggi Sejak Juni 2022

Penguatan ini terjadi di tengah kekacauan di pasar global setelah keruntuhan Silicon Valley Bank minggu lalu.

Liputan6.com, Jakarta Harga Bitcoin mencapai harga tertinggi sembilan bulan pada Selasa, 14 Maret 2023 catatkan keuntungan 30 persen dalam empat hari terakhir. Penguatan ini terjadi di tengah kekacauan di pasar global setelah keruntuhan Silicon Valley Bank minggu lalu. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Rabu (15/3/2023), selain itu, investor bertaruh The Fed tidak akan terlalu agresif dalam menaikkan suku bunga di tengah kondisi global saat ini. 

Akibat ini, Bitcoin melonjak sebanyak dalam sehari terakhir 9,6 persen menjadi USD 26.533 atau setara Rp 407,8 juta (asumsi kurs Rp 15.372 per dolar AS), tertinggi sejak Juni 2022, dalam kenaikan empat hari berturut-turut.

Tindakan otoritas AS. membantu menstabilkan stablecoin USDC, memantapkan USDC, sebagai roda penggerak utama dalam perdagangan token digital dan dipandang positif untuk sektor kripto secara keseluruhan.

Bitcoin, mata uang kripto terbesar, telah mengambil langkah dengan tenang dari keruntuhan SVB dan Signature Bank selama akhir pekan, dan Bank Silvergate awal bulan ini, semua mitra perbankan utama untuk sejumlah perusahaan kripto.

Analis menyebutkan yang juga jadi pendorong kenaikan aset kripto adalah data harga konsumen AS yang menunjukkan inflasi masih naik, tetapi pada kecepatan yang lebih lambat dari bulan sebelumnya. 

Faktor-faktor lain juga membantu bitcoin adalah pertukaran Binance untuk mengubah dana pemulihan industri senilai USD 1 miliar atau setara Rp 15,3 triliun menjadi token kripto seperti bitcoin.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.