Sukses

Harga Kripto Hari Ini 7 Maret 2023: Bitcoin dan Ethereum Paling Terdepan

Mayoritas harga kripto hari ini di jajaran teratas masih melemah.

Liputan6.com, Jakarta Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Selasa, (7/3/2023). Mayoritas harga kripto hari ini pada jajaran teratas terpantau masih berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa, 7 Maret 2023 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) masih menguat 0,11 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 4,08 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 22.451 per koin atau setara Rp 344,7 juta (asumsi kurs Rp 15.357 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) berhasil kembali menguat. ETH naik 0,39 persen dalam sehari terakhir, tetapi masih melemah 3,50 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 24,09 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun 0,13 persen dan 5,24 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 4,42 juta per koin. 

Kemudian Cardano, kembali berada di zona merah. Dalam satu hari terakhir ADA melemah 1,80 persen dan 8,70 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.092 per koin.

Adapun Solana (SOL) turut melemah. SOL turun 1,99 persen dalam sehari terakhir dan 8,54 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 317.376 per koin.

Sedangkan XRP kembali menguat setelah kemarin sempat melemah. XRP naik tipis 0,83 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 1,88 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 5.706 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) masih tersungkur. Dalam satu hari terakhir DOGE turun 10,23 persen dan 7,63 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.147 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1.024 triliun atau setara Rp 15.725 triliun. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menilik Prospek Kinerja Pasar Kripto di Pekan Kedua Maret 2023

Memulai awal pekan kedua Maret 2023, market kripto tampak tak bergairah. Sepanjang akhir pekan lalu, Bitcoin dan aset kripto lainnya bergerak sideways, cenderung stagnan. 

Tim riset Tokocrypto dalam analisis harian yang diterima Liputan6.com, Senin (6/3/2023) mengatakan secara keseluruhan sentimen bearish memang masih kencang pasca potensi kebangkrutan Silvergate merebak. 

Ketika kabar itu muncul Bitcoin (BTC) pada Jumat pagi mengagetkan para investornya, dengan penurunan harga hingga 4,87 persen.

“Penurunan pada BTC ini pun menyebabkan index Bitcoin Fear and Greed turun ke angka 48, yang menunjukkan kategori Neutral. Total kapitalisasi pasar kripto kembali ditutup merah, turun 1,20 persen, ditutup pada level 1,022 triliun,” kata tim riset Tokocrypto.

Investor kripto pun saat ini masih menjauh dari market. Di pekan ini saja ada dua sentimen makroekonomi yang harus diperhatikan oleh investor, testimoni ketua The Fed, Jerome Powell di depan kongres pada 7-8 Maret rilis laporan ketenagakerjaan AS atau Nonfarm Payrolls yang keluar 10 Maret.

Dua laporan ekonomi tersebut sangat penting di pasar utama, terutama saham yang korelasi dengan kripto, karena semuanya dapat terbukti menjadi penggerak market.Laporan itu juga bisa mengindikasikan keputusan The Fed dalam kenaikan suku bunga 25 vs 50 bps pada Maret.

“Dari sisi analisis teknikal, pergerakan harga Bitcoin telah mengalami penurunan drastis dan berhasil breakdown support terdekatnya. Tekanan jual yang tinggi menjadi salah satu faktor terjadinya hal tersebut,” jelas tim riset.

Skenario terburuk adalah apabila pergerakan harga Bitcoin berhasil breakdown bisa didorong oleh data laporan ketenagakerjaan yang kurang baik dan komentar The Fed yang belum melunak untuk sedikit mengerem kenaikan suku bunga, menjadi hal krusial pekan ini.

 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.