Sukses

Catatkan Kinerja Positif, Indeks Ketakutan Bitcoin Berada di Level Netral

kenaikan ini telah secara signifikan meningkatkan Bitcoin Fear and Greed Indeks.

Liputan6.com, Jakarta Bitcoin (BTC) mencatatkan pertumbuhan nilai yang signifikan di bulan pertama 2023, dengan peningkatan 39 persen terhadap dolar AS. Pada 29 Januari 2023, BTC mencapai level tertinggi 30 hari di harga USD 23.954 per unit atau setara Rp 358,5 juta (asumsi kurs Rp 14.970 per dolar AS).

Dilansir dari Bitcoin.com, kenaikan ini telah secara signifikan meningkatkan Bitcoin Fear and Greed Indeks atau Indeks Ketakutan dan Keserakahan Bitcoin dari zona "ketakutan ekstrem" ke kisaran "keserakahan" selama sebulan. Namun pada Selasa 31 Januari 2023, indeks menunjukkan di level “netral”.

Pekan lalu, indeks menunjukkan skor sekitar 50, yang berarti “netral”. Tujuh hari kemudian, skor naik menjadi 61, yang berarti “keserakahan”. Situs web tersebut menyatakan ketika investor kripto menjadi terlalu rakus, itu menandakan pasar akan mengalami koreksi. 

Skor tetap di atas kisaran netral 50 sejak 23 Januari 2023, setelah menghabiskan banyak waktu di bawah 45 sebelum 14 Januari 2023. Pada Senin, harga bitcoin (BTC) melemah terhadap dolar AS karena pedagang mengambil keuntungan.

Analis pasar kripto Etoro, Simon Peters, mengaitkan penghentian penurunan harga kripto dengan perubahan ekspektasi investor mengenai inflasi dan kenaikan suku bunga dari Federal Reserve. 

Peters juga mencatat lembaga keuangan Goldman Sachs menerbitkan catatan positif tentang Bitcoin, mengutip lembar kinerja pasar yang baru-baru ini diterbitkan, yang menunjukkan Bitcoin mengungguli semua kelas aset utama lainnya, termasuk emas, real estat, dan pasar negara berkembang.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.