Sukses

Tak Terdampak Kasus Genesis Capital, Harga Bitcoin Justru Menguat

Liputan6.com, Jakarta Bitcoin melanjutkan penguatan pada Senin (23/1/2023) di tengah berita tentang kebangkrutan perusahaan kripto Genesis Capital dan ketidakpastian suku bunga dari The Fed. 

Harga token terbesar itu sempat mencapai USD 23.100 pada  atau setara Rp 346,8 juta (asumsi kurs Rp 15.015 per dolar AS) pada Senin, setelah menyentuh USD 23.333 atau setara Rp 350,3 juta pada Sabtu untuk pertama kalinya sejak 19 Agustus, menurut Coin Metrics. 

Dilansir dari CNBC, Selasa 24 Januari 2023, kenaikan tersebut membawa bitcoin menguat 39 persen sejak awal Januari 2023.

Bitcoin telah memulai tahun 2023 dengan catatan positif, dengan investor berharap pembalikan dalam pengetatan moneter yang membuat para pelaku pasar ketakutan tahun lalu.

The Fed dan bank sentral lainnya mulai memangkas suku bunga pada 2022, mengejutkan pemegang kelas aset berisiko, seperti saham dan token digital. Saham teknologi yang terdaftar secara publik dan perusahaan rintisan yang didukung modal ventura swasta khususnya terpukul, karena investor mencari perlindungan pada aset yang dianggap lebih aman, seperti uang tunai dan obligasi.

Dengan inflasi yang sekarang menunjukkan tanda-tanda mendingin di AS, beberapa pelaku pasar berharap bank sentral akan mulai mengurangi laju kenaikan suku bunga, atau bahkan memangkas suku bunga. 

Dasar Harga Bitcoin Semakin Terlihat

Wakil presiden pengembangan perusahaan dan internasional di bursa kripto Luno, Vijay Ayyar mengatakan mata uang digital top dunia, bitcoin semakin terlihat telah berada di titik terendahnya.

Hal ini karena penjual pendek Bitcoin telah terjepit oleh kenaikan harga yang tiba-tiba, menurut Ayyar. Short selling adalah strategi investasi dimana pedagang meminjam aset dan kemudian menjualnya dengan harapan nilainya akan terdepresiasi.

Penghapusan posisi short yang dipicu oleh kenaikan harga bitcoin telah menambah bahan bakar untuk Bitcoin, karena penjual pendek terpaksa menutupi taruhan mereka dengan membeli kembali bitcoin yang dipinjam untuk menutupnya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS