Sukses

Bitcoin dan Ethereum Pimpin Kenaikan Harga di Antara 10 Kripto Teratas

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) memimpin kenaikan mingguan di antara sepuluh cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar karena harga bitcoin dan ethereum masing-masing melonjak 11,2 persen dan 9,7 persen.

Dilansir dari Decrypt, Selasa (24/1/2023), sejauh ini, hasil terbaik di antara aset kripto terbesar di pasar, dipegang oleh XRP yang berada di posisi keenam memperoleh 5 persen selama seminggu terakhir, diikuti oleh Polygon (MATIC), yang naik 4,3 persen selama rentang yang sama.

Kinerja solid yang ditunjukkan oleh dua mata uang kripto terkemuka ini terjadi di tengah gempuran industri yang berlanjut akibat banyaknya pemain besar yang ajukan kebangkrutan. 

Sentimen Negatif Kripto Sepekan Terakhir

Pasar sempat merasakan kesulitan, dengan Bitcoin dan ethereum anjlok sekitar 5 persen karena tuntutan pidana diajukan terhadap cryptocurrency berbasis Hong Kong, Bitzlato. 

Lalu yang terbaru ini, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Digital Currency Group (DCG), Genesis Global Capital mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 di New York pada Jumat, 20 Januari 2023. Perusahaan ini jadi yang terbaru di industri yang mengajukan kebangkrutan karena dampak dari jatuhnya harga kripto tahun lalu.

Genesis Capital mengalami kerugian besar mulai Juni tahun lalu dan akhirnya tidak dapat lagi beroperasi setelah runtuhnya pertukaran kripto FTX.

Kapitalisasi Pasar Kripto Menguat

Reli yang terjadi pada Bitcoin dan Ethereum juga mendorong kenaikan besar dan kuat di seluruh kapitalisasi pasar. Kapitalisasi pasar kripto melayang di sekitar USD 943 miliar atau setara Rp 14.215 triliun (asumsi kurs Rp 15.028 per dolar AS). Namun pada Senin 23 Januari 2023, kapitalisasi pasar kripto berada di atas USD 1 triliun atau setara Rp 15.075 triliun.

Menurut laporan industri kripto tahunan CoinGecko baru-baru ini, tahun lalu, saat terjadi kematian beberapa pemain utama industri terkenal, mendorong total kapitalisasi pasar kripto turun hingga menyentuh USD 829 miliar atau setara Rp 12.497 triliun.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Harga Kripto pada Selasa 24 Januari 2023

Sebelumnya, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Selasa (24/1/2023). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali berada di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa, 24 Januari 2023 pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat 1,92 persen dalam 24 jam terakhir dan 8,64 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 22.995 per koin atau setara Rp 345,5 juta juta (asumsi kurs Rp 15.026 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali menguat. ETH naik 0,54 persen dalam sehari terakhir dan 3,24 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 24,52 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali perkasa pagi ini. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat 1,69 persen dan 1,95 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 4,59 juta per koin. 

Kemudian Cardano, berhasil kembali berada di zona hijau. Dalam satu hari terakhir ADA tumbuh 0,72 persen dan 7,24 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 5.663 per koin.

 

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Solana hingga Binance USD

Adapun Solana (SOL) berhasil menguat dalam satu hari terakhir sebesar 1,60 persen dan 2,42 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 366.791 per koin.

Sedangkan XRP berhasil kembali naik. XRP melesat 6,81 persen dalam 24 jam dan 9,68 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 6.404 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali alami kenaikan. Dalam satu hari terakhir DOGE menguat 1,07 persen dan 3,26 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.324 per token.

Harga kripto hari ini yaitu stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1.051 miliar atau setara Rp 15.792 triliun. 

 

4 dari 4 halaman

Kinerja Bitcoin dan Etheruem Kalahkan Wall Street dalam Sepekan

Sebelumnya, Cryptocurrency berhasil melanjutkan reli dalam sepekan bahkan ketika saham AS mundur dari reli tahun baru mereka. Penguatan ini juga terjadi saat pemberi pinjaman kripto besar, Genesis Global Capital mengajukan pengajuan kebangkrutan.

Dilansir dari CNBC, Senin (23/1/2023), Bitcoin terakhir berhasil menguat sekitar 12 persen selama seminggu, menurut data dari Coin Metrics, sementara eter telah menguat 14 persen dalam sepekan. Sebagai perbandingan, dua dari tiga rata-rata saham utama AS berada di jalur untuk membukukan minggu dengan penurunan.

S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average terakhir turun masing-masing 0,9 persen dan 2,9 persen, dalam sepekan. Nasdaq Composite, telah menjadi yang terbaik, naik sedikit dalam sepekan dan telah naik 5 persen untuk tahun ini, memimpin indeks besar lainnya.

Di sisi lain, Bitcoin dan eter masing-masing naik 2,73 persen dan 2,15 persen, dalam periode empat hari yang sama. 

Bitcoin diperdagangkan sejalan dengan saham hampir sepanjang 2022 karena investor institusional yang memasuki pasar kripto pada tahun sebelumnya dan stimulus pengetatan kebijakan moneter Federal Reserve menjadi pendorong harga terbesar.

Namun, pada akhir tahun, korelasi tersebut mereda dan harga bitcoin tetap relatif stabil di tengah gelombang kebangkrutan di industri kripto dan hilangnya kepercayaan secara umum pada kelas aset.

Kenaikan harga kripto minggu ini juga terjadi di tengah pukulan terbaru bagi industri, Genesis salah satu pemberi pinjaman terbesar di kripto dan salah satu kreditur tanpa jaminan terbesar FTX mengajukan kebangkrutan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS