Sukses

SEC Selidiki Perusahaan Kripto Genesis Capital dan Gemini, Ada Apa?

Ini terkait penawaran sekuritas tak tedaftar oleh kedua perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) mengumumkan mereka telah memeriksa perusahaan kripto Genesis Global Capital LLC dan Gemini Trust Company LLC atas penawaran dan penjualan sekuritas yang tidak terdaftar kepada investor ritel melalui program peminjaman aset kripto Gemini Earn. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (23/1/2023), melalui penawaran yang tidak terdaftar ini, Genesis Capital dan Gemini mengumpulkan aset kripto senilai miliaran dolar dari ratusan ribu investor. 

SEC menjelaskan pada Desember 2020, Genesis menandatangani perjanjian dengan Gemini untuk menawarkan kepada pelanggan Gemini, termasuk investor ritel di AS, kesempatan untuk meminjamkan aset kripto mereka ke Genesis dengan imbalan janji Genesis untuk membayar bunga.

Kedua perusahaan menawarkan program peminjaman cryptocurrency Gemini Earn kepada investor ritel antara Februari 2021 hingga November 2022.

"Lebih dari 50 aset kripto memenuhi syarat untuk diinvestasikan dalam program Gemini Earn, termasuk bitcoin, ether, USD Koin, dan dogecoin,” kata SEC.

Menurut SEC, investor Gemini Earn menawarkan aset kripto mereka ke Genesis, dengan Gemini bertindak sebagai agen untuk memfasilitasi transaksi. Genesis kemudian menjalankan kebijaksanaannya dengan cara menggunakan aset kripto investor untuk menghasilkan pendapatan dan membayar bunga kepada investor Gemini Earn.

SEC merinci Genesis mengumumkan pada November tahun lalu investor Gemini Earn tidak akan diizinkan untuk menarik aset kripto mereka “karena Genesis kekurangan aset likuid yang cukup untuk memenuhi permintaan penarikan menyusul volatilitas di pasar aset kripto.”

Pada saat itu, “Genesis memiliki sekitar USD 900 atau setara Rp 13,5 triliun (asumsi kurs Rp 15.110 per dolar AS) juta aset investor dari 340.000 investor Gemini Earn.

Genesis akhirnya mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 di New York pada Jumat, 20 Januari 2023. Perusahaan ini jadi yang terbaru di industri yang mengajukan kebangkrutan karena dampak dari jatuhnya harga kripto tahun lalu.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Salah Satu Kreditur FTX Terbesar, Perusahaan Kripto Genesis Capital Bangkrut

Sebelumnya, perusahaan pemberi pinjaman kripto Genesis Global Capital ternyata adalah kreditur tanpa jaminan terbesar dari FTX.com dan perusahaan afiliasi FTX. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (23/1/2023), Genesis Global Capital memimpin "Daftar 50 Teratas" yang mewakili FTX dan kreditur utama perusahaan afiliasinya, karena berutang USD 226,3 juta atau setara Rp 3,4 triliun (asumsi kurs Rp 15.063 per dolar AS), menurut pengajuan pengadilan.

FTX menyatakan bangkrut pada 11 November, menyebabkan gejolak besar di seluruh sektor kripto yang juga berdampak pada berbagai perusahaan kripto lainnya. 

Genesis Global Holdco LLC dan anak perusahaannya Genesis Asia Pacific Pte. Ltd. dan Genesis Global Capital LLC semuanya mengajukan kebangkrutan Bab 11 pada Jumat 20 Januari 2023. 

Menurut laporan perusahaan, Genesis dan penasihatnya telah terlibat dalam diskusi yang produktif dan berkelanjutan dengan penasihat kreditor dan perusahaan induknya, Digital Currency Group (DCG) untuk mengevaluasi jalur paling efektif untuk mempertahankan aset dan memajukan bisnis.

Pengajuan kebangrkutan Genesis Capital memperkirakan perusahaan memiliki antara USD 1 miliar atau setara Rp 15 triliun (asumsi kurs Rp 15.063) hingga USD 10 miliar atau setara Rp 150,5 triliun aset.

Dari total aset yang dimiliki, Genesis juga memiliki kewajiban membayar sekitar USD 1 miliar hingga USD 10 miliar, dengan lebih dari 100.000 kreditor yang diperkirakan. 

File dokumen pengadilan pada Jumat menunjukkan Genesis memegang kewajiban pembayaran USD 5,1 miliar atau setara Rp 76,8 triliun beberapa minggu setelah pembekuan penarikannya pada 16 November 2022.

Pengajuan Bab 11 sudah lama datang untuk Genesis, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Digital Currency Group (DCG), ini mengalami kerugian besar mulai Juni tahun lalu dan akhirnya tidak dapat lagi beroperasi setelah runtuhnya pertukaran kripto FTX.

 

3 dari 4 halaman

Perusahaan Pinjaman Kripto Genesis PHK 30 Persen Karyawan

Sebelumnya, perusahaan pemberi pinjaman kripto, Genesis memotong 30 persen stafnya dalam putaran PHK terbaru, kata perusahaan Kamis, 5 Januari 2023. Putaran terakhir PHK ini terjadi dua bulan setelah perusahaan membekukan penarikan pelanggan.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (6/1/2023), genesis adalah perusahaan layanan keuangan kripto dengan bisnis perdagangan, peminjaman, pembuatan pasar, dan kustodian yang dimiliki oleh Digital Currency Group (DCG).

DCG juga memiliki Grayscale, sponsor kepercayaan bitcoin terbesar di dunia, GBTC, serta outlet media kripto, Coindesk, dan pemodal penambangan kripto, Foundry. Genesis sendiri mengalami beberapa pukulan besar selama gejolak pasar kripto sepanjang 2022.

Perusahaan mengalami kerugian USD 2,4 miliar (Rp 37,5 triliun) setelah mitra peminjam utama Three Arrows Capital gagal memenuhi margin call atas pinjamannya mulai 16 Juni;.

Three Arrows secara resmi mengajukan kebangkrutan pada 2 Juli. Kemudian, pada Agustus, perusahaan juga mengumumkan pengunduran diri CEO dan PHK 20 persen tenaga kerjanya. Baru-baru ini, Genesis menghilangkan penarikan pinjaman pelanggan pada November.

Perusahaan itu juga dikenal sebagai pemberi pinjaman yang signifikan untuk Alameda Research, bagian perdagangan dari platform kripto FTX yang bangkrut.

Sejak Genesis menghentikan penarikan, CEO perusahaan induknya DCG, Barry Silbert,,mengatakan sedang mencari dana antara USD 500 juta (Rp 7,8 triliun) dan USD 1 miliar (Rp 15,6 triliun) untuk perusahaan tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto Quidax PHK 20 Persen Karyawan

Sebelumnya, pertukaran cryptocurrency Nigeria, Quidax, dilaporkan telah memberhentikan 20 persen pegawainya, mengklaim penurunan ekonomi global menjadi penyebabnya. 

Pertukaran bersikeras PHK tidak terkait dengan gejolak yang dipicu oleh keruntuhan FTX di pasar kripto dan Quidax sendiri tidak memiliki hubungan dengan FTX. 

Sebelum penurunan ekonomi global, Quidax, yang mensponsori acara televisi realitas terbesar di Nigeria, Big Brother Naija, memiliki prospek yang lebih baik. Menurut sebuah laporan oleh Nairametrics, pertukaran kripto bahkan membuat beberapa rencana dan proyeksi pertumbuhan.

Paket Pesangon untuk Pekerja yang Diberhentikan

Namun, perlambatan ekonomi di China, Amerika Serikat, dan kawasan zona euro berarti proyeksi pertumbuhan harus direvisi ke bawah, menurut laporan pertukaran kripto. 

“Mengikuti penurunan ekonomi di seluruh dunia, kami harus membuat beberapa keputusan sulit di Quidax. Kami harus mengucapkan selamat tinggal kepada 20 persen pegawai. Kami sangat menghargai orang-orang kami dan ini bukanlah keputusan yang mudah untuk dibuat,” kata perusahaan dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (1/12/2022).

Selain memberikan paket pesangon kepada karyawan yang terkena dampak, Quidax mengatakan akan menghubungkan mereka ke jaringan perusahaan dan pendiri dalam ruang fintech.

Sementara itu, pertukaran meyakinkan pelanggannya bahwa dana mereka tidak hanya aman tetapi juga diasuransikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.