Sukses

Bill Gates Sebut AI Cukup Revolusioner Ketimbang Metaverse dan Web3

Menurut Bill Gates, Metaverse masih belum revolusioner dibandingkan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Liputan6.com, Jakarta - Bill Gates, salah satu pendiri raksasa perangkat lunak Microsoft, telah mengeluarkan pendapatnya mengenai keadaan dan relevansi beberapa teknologi baru yang sedang dikembangkan saat ini.

Dalam sebuah wawancara, Gates menunjukkan preferensi atau dukungannya untuk AI (kecerdasan buatan) daripada Web3 dan metaverse, ketika ditanya tentang relevansi rangkaian teknologi ini yang sedang dikembangkan, dan kesamaan yang dibagikan dengan internet pada masa awal. 

“AI adalah yang terbesar. Menurut saya, Web3 tidak sebesar itu atau hal-hal metaverse saja sudah revolusioner, tetapi AI cukup revolusioner,” kata Gates, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (16/1/2023). 

Namun, Bill Gates menyatakan pekerjaannya saat ini mengarah ke arah lain. Bill Gates ingin lebih fokus pada inovasi seperti membantu wanita hamil mengetahui apakah mereka memerlukan bantuan rumah sakit terlebih dahulu menggunakan teknologi ultrasound, dan mengobati kondisi seperti malnutrisi dan anemia.

Pandangan Negatif pada Kripto

Miliarder itu memiliki visi negatif tentang kripto, memperingatkan pada Februari 2021 pengguna dengan uang lebih sedikit daripada Elon Musk harus berhati-hati dalam menempatkan dana mereka dalam cryptocurrency Gates juga mengatakan kripto didasarkan pada "teori orang bodoh yang lebih besar" pada Juni 2022. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investasi Microsoft

Dia lebih positif tentang perkembangan metaverse, memprediksi pertemuan digital berporos dari gambar 2D ke ruang virtual 3D pada 2021. 

Investasi Microsoft pada Teknologi Kecerdasan Buatan

Sementara Gates tidak lagi terhubung dengan Microsoft, karena ia meninggalkan perusahaan pada 2020, Satya Nadella, CEO perusahaan saat ini, tampaknya berbagi pemikirannya. 

Microsoft dilaporkan mengincar investasi sebesar USD 10 miliar atau setara Rp 150,8 triliun (asumsi kurs Rp 15.110 per dolar AS) di Openai, perusahaan di belakang bot AI Chatgpt yang populer, yang akan menghargai perusahaan tersebut sebesar USD 29 miliar atau setara Rp 437,5 triliun.

Langkah ini, yang akan memungkinkan Microsoft untuk memiliki 49 persen saham perusahaan, merupakan sinyal signifikansi yang diberikan organisasi ke sektor kecerdasan buatan.

3 dari 4 halaman

Sony Bakal Tawarkan Pengalaman Hiburan Olahraga di Metaverse

Sebelumnya, raksasa teknologi, Sony, sekarang terjun ke dunia metaverse olahraga. Perusahaan baru-baru ini menutup akuisisi Beyond Sports, perusahaan pencitraan dan animasi 3D yang memiliki teknologi untuk mengubah informasi nyata dari pertandingan olahraga menjadi representasi metaverse. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (9/1/2023), jumlah akuisisi tidak dirilis, tetapi diyakini mencapai USD 70 juta atau sekitar Rp 1 triliun, menurut perkiraan Nikkei. Pembelian ini, bersama dengan teknologi Hawk-Eye Innovations perusahaan lain yang dimiliki oleh konglomerat. 

Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk memproduksi, secara real-time, konten yang berkaitan dengan pertandingan bola basket, bisbol, tenis, dan sepak bola. 

Hawk-Eye Innovations, yang diperoleh kembali pada 2011, menghasilkan teknologi yang memungkinkan penentuan posisi bola kapan saja, dan telah digunakan oleh organisasi olahraga seperti National Football League (NFL) dan National Hockey League (NHL).

Menggabungkan kedu teknolog tersebut memungkinkan Sony untuk membuat representasi lapangan atau lapangan yang digital dan akurat, menampilkan gerakan bola dan pemain yang realistis.

 

4 dari 4 halaman

Pasar Olahraga Virtual

Perusahaan lain milik Sony dapat mengisi celah distribusi untuk menghadirkan pengalaman ini kepada audiens. Pulselive, sebuah perusahaan yang mengoperasikan beberapa situs untuk tim dan organisasi olahraga, akan dapat memasukkan pengalaman metaverse ini di situs-situs ini, menciptakan garis pendapatan baru dan mencoba mempopulerkan olahraga baru ini.

Sony juga dapat menawarkan pencocokan metaverse menggunakan jajaran konsol Playstation-nya sebagai perangkat distribusi. Perusahaan sedang mengembangkan headset virtual reality (VR) khusus untuk konsolnya, yang dijuluki Playstation VR 2, yang dipastikan akan dirilis pada Februari 2023, dan dapat digunakan untuk menikmati pengalaman metaverse ini dengan cara yang imersif.

Sony telah bermain-main dengan teknologi metaverse dan NFT, mengajukan serangkaian paten untuk menggunakan NFT sebagai cara melacak sejarah dan kepemilikan aset dalam game. 

CEO Sony, Kenichiro Yoshida juga telah menyatakan sebelumnya prioritas pertama Sony adalah menciptakan metaverse seputar hiburan menggunakan semua alat yang dimiliki merek untuk tujuan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.