Sukses

Spanyol Siapkan Dana Rp 132,5 Miliar Kembangkan Metaverse

Dana tersebut akan disediakan oleh Uni Eropa, akan diberikan dalam bentuk hibah tahunan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kebudayaan Spanyol telah memutuskan untuk mengarahkan USD 8,51 juta (Rp 132,5 miliar) untuk pengembangan video game dan pengalaman metaverse, karena kementerian melihat potensi nilai industri ini bagi negara.

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (2/1/2023), program tersebut, yang saat ini dalam gelombang kedua, meningkatkan dana sebesar 700 persen dibandingkan dengan gelombang pertama ketika sedikit lebih dari 1 juta euro ditujukan untuk membantu perusahaan di sektor ini. Namun, 25 proyek dipilih untuk menikmati hibah ini pada saat itu.

Dana tersebut akan disediakan oleh Uni Eropa, akan diberikan dalam bentuk hibah tahunan atau multi-tahunan kepada perusahaan-perusahaan di sektor ini sebagai bagian dari “Rencana Pemulihan, Transformasi, dan Ketahanan” yang mengupayakan digitalisasi dan modernisasi semua aspek ekonomi Spanyol. 

Negara lain, seperti Korea dan Jepang juga telah mengarahkan dana besar-besaran untuk investasi metaverse karena dinilai memiliki potensi besar untuk pemasukan negara. 

Pentingnya Video Game dan Metaverse

Kepada menteri kebudayaan Spanyol, Miquel Iceta mengatakan industri video game memiliki peran besar dalam transformasi model produktif Spanyol. 

Tentang hibah ini, Iceta menyatakan mereka “akan berkontribusi untuk mempromosikan proyek UKM dan pekerja wiraswasta, dengan demikian mengkonsolidasikan citra Spanyol sebagai pusat audio visual referensi, juga di sektor videogame. 

Sebagai bagian dari komitmen ini, video game, sebagai pengalaman metaverse, kini akan dianggap sebagai kreasi budaya. Ini berarti sekarang Perpustakaan Nasional Spanyol harus melestarikannya sebagai warisan Spanyol, dan akan dikumpulkan untuk memastikan pelestariannya untuk generasi mendatang.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asosiasi Sepak Bola Argentina AFA Jajaki Metaverse

Sebelumnya, Asosiasi Sepak Bola Argentina, AFA, lembaga yang mengelola liga sepak bola nasional, kini memasuki metaverse. Organisasi telah bermitra dengan Upland, memungkinkan penggunanya memasuki metaverse dan merasakan manfaat dari hubungan yang lebih dekat dengan tim dan pemain terkenal.

Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh AFA, kemitraan Upland akan mencakup representasi digital dari semua tim liga, termasuk pemain, tiket, permainan, momen bersejarah, dan momen eksklusif platform. 

Ini juga akan memungkinkan liga untuk menarik penggemar yang lebih muda, yang berfokus pada Web3, dan juga kolektor digital dari dunia sepak bola. 

Kesepakatan empat tahun adalah kesepakatan pertama AFA semacam ini dan bertujuan untuk membawa pendapatan tambahan ke Liga Sepak Bola Argentina melalui penjualan beberapa aset digital berlisensi.

Gunakan Pasar Sekunder

Namun, pengalaman metaverse ini tidak hanya searah, karena platform akan memungkinkan penjualan kembali barang koleksi digital ini oleh para penggemar, membangun pasar sekunder. 

Asosiasi Sepak Bola Argentina mengharapkan ini untuk meningkatkan hubungan yang dimiliki institusi dengan para penggemarnya, dan menginternasionalkan liga nasional setelah Seleksi nasional memenangkan Piala Dunia FIFA, baru-baru ini diadakan di Qatar.

Presiden AFA, Claudio Tapia merayakan kemitraan ini karena akan memanfaatkan teknologi baru metaverse. 

“Perjanjian ini memungkinkan kami untuk bermitra dengan pencipta teknologi terbaik dan produk digital baru dan dengan demikian menghasilkan sumber pendapatan baru untuk semua klub yang berpartisipasi,” kata Tapia dikutip dari Bitcoin.com, Rabu (28/12/2022)

Liga sepak bola lain di dunia, serta beberapa tim mereka, telah ikut memasuki metaverse. Laliga Spanyol, liga sepak bola nasional di Spanyol, sudah tenggelam dalam inisiatif terkait metaverse, setelah menjalin kemitraan dengan Globant dan Dapper Labs untuk memperluas kehadiran metaverse dan membangun pasar untuk produk digital berlisensi.

 

3 dari 4 halaman

Samsung Kucurkan Rp 546,9 Miliar untuk Inisiatif Metaverse di Amerika Latin

Sebelumnya, Samsung, salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia, baru-baru ini mengungkapkan telah investasi lebih dari USD 35 juta (Rp 546,9 miliar) dalam inisiatif metaverse yang diarahkan pada pelanggan di Amerika Latin.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada 20 Desember 2022, direktur pemasaran dan kewarganegaraan korporat Samsung Electronics Chile, Anita Caerols menjelaskan motivasi di balik dorongan realitas virtual ini bagi perusahaan. 

“Di Samsung kami percaya metaverse adalah komitmen nyata untuk terhubung dengan konsumen muda. Itulah mengapa kami menginvestasikan lebih dari USD 35 juta dalam prakarsa yang mencakup seluruh Latam,” kata Caerols dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (27/12/2022).

Selain itu, Caerols percaya ini adalah perpanjangan alami dari platform media sosial, menjadikannya bidang yang masuk akal untuk dijelajahi Samsung.

Sasar Audiens Muda

Fokus Samsung pada metaverse, dan jumlah dana yang diinvestasikan di area ini, dibenarkan oleh visi pemasaran yang disajikan oleh perusahaan. 

Mengenai hal ini, Caerols menjelaskan sebuah bisnis perlu berbicara dan terhubung dengan audiens muda, prospek konsumen potensial saat ini dan masa depan, dan terlibat dengan pemberi pengaruh baru, sangat penting untuk berada di metaverse mulai sekarang.

 

4 dari 4 halaman

Ambil Langkah Berbeda

"Gen Z dan Gen Alpha, audiens yang lebih terbiasa dengan platform ini, yang ingin ditarik Samsung ke proposal dan produknya. Menurut studi Linkedin, 400 juta pengguna saat ini menggunakan platform metaverse setiap bulan, dengan 51 persen di antaranya berusia 13 tahun atau kurang,” jelas Caerols.

Ketertarikan Samsung pada dunia maya bukanlah hal baru. Perusahaan telah mengambil langkah berbeda untuk menjadi bagian dari beberapa platform metaverse.

Pada Oktober, perusahaan meluncurkan pengalaman "House of Sam" di Decentraland, yang memungkinkan pengguna berinteraksi secara virtual dengan produk perusahaan.

Pada Juli, Samsung juga meluncurkan pengalaman metaverse lain di Roblox, yang disebut "Space Tycoon", yang memungkinkan pengguna menjadi bagian dari stasiun luar angkasa tempat mereka dapat membuat produk Samsung dengan bahan mentah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.