Sukses

Kinerja Pasar Kripto Terus Melesat, Ini Pendorongnya

Saat risalah rapat The Fed keluar, pasar saham dan kripto langsung bereaksi.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kripto kembali melanjutkan kenaikan harga dua hari berturut-turut. Terpantau pada Kamis (24/11/2022) pagi sejumlah kripto big cap nyaman berada di zona hijau.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono mengatakan, sentimen positif sedang menghampiri market. Terbaru, datang dari risalah rapat (minutes of meeting) FOMC pada awal November lalu yang telah dirilis Rabu malam, 23 November 2022.

"Isinya menunjukkan bahwa beberapa pembuat kebijakan The Fed memilih untuk perlambat laju kenaikan kisaran target untuk suku bunga acuan di pertemuan mendatang,” kata Afid dalam analisis pasar harian yang diterima Liputan6.com, Kamis, 24 November 2022.

Afid menambahkan, saat risalah rapat The Fed keluar, pasar saham dan kripto langsung bereaksi. Saham AS naik tipis dengan Indeks S&P 500 naik 0,5 persen, Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik 0,2 persen. 

“Kemudian, Bitcoin (BTC) melonjak sebentar sekitar 1 persen setelah beberapa menit dari kabar tersebut muncul. Kini, BTC perlahan tapi pasti sedang reli menaik,” jelas Afid.

Di samping itu, kabar baik juga datang dari laporan Genesis Global Capital yang mengonfirmasi perekrutan bank investasi, Moelis untuk mencari pendanaan baru. 

“Hal ini baik untuk menyelamatkan perusahaan dari potensi kebangkrutan. Investor kripto pun menyambutnya dengan positif untuk kembali bergairah ke market,” lanjut Afid.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Analisis Teknikal

Dari segi analisis teknikal, Afid memaparkan, candle daily Bitcoin berhasil ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 2,82 persen, disusul oleh ETH dengan kenaikan sebesar 2,91 persen, dan BNB yang kembali bergairah dengan kenaikan sebesar 9,04 persen.

“Beberapa altcoin berhasil curi panggung terhadap pullback-nya Bitcoin, seperti CRV yang berhasil naik tajam dengan kenaikan sebesar 26 persen, diikuti oleh CVX ditutup hijau, naik sebesar 7,19 persen,’ tutur Afid.

Harga Bitcoin kemungkinan akan lanjut bergerak naik jika penutupan kandil harian 24 November berhasil ditutup hijau. Dinamis resistance pada 20-day exponential moving average (EMA) di level USD 17.292 menjadi target pullback Bitcoin selanjutnya.

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Kamis Pagi 24 November 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Kamis (24/11/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau bertengger di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Kamis pagi, 24 November 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 2,12 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 0,99 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 16.522 per koin atau setara Rp 258 juta (asumsi kurs Rp 15.619 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali menguat pagi ini. ETH naik 3,71 persen, tetapi masih melemah 3,29 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.176 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) berhasil menguat cukup tinggi. Dalam 24 jam terakhir BNB melesat 11,34 persen dan 8,99 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 296,70 per koin. 

Kemudian Cardano, turut menguat. Dalam satu hari terakhir ADA naik 1,75 persen, tetapi masih melemah 4,29 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,3173 per koin.

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Adapun Solana (SOL) kembali bertengger di zona hijau dengan penguatan selama satu hari terakhir sebesar 14,52 persen, tetapi masih melemah 1,34 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 14,17 per koin.

Sedangkan XRP masih melanjutkan penguatan. XRP naik 0,89 persen dalam 24 jam terakhir dan 1,06 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3802 per koin. 

Koin meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali menguat. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 3,61 persen, tetapi masih melemah 4,89 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,08144 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam alami penguatan ke level USD 827,5 miliar dari sebelumnya di level USD 819,5 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

  • The Fed adalah salah satu bank sentral di AS yang tertua dan berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.

    The Fed

  • Crypto