Sukses

Pasar Kripto Perlahan Bangkit, Investor Kembali Optimistis

Liputan6.com, Jakarta - Pergerakan pasar kripto pada Rabu (23/11/2022) cukup membuat investor sedikit lega. Situasi pasar kripto kembali ke zona hijau dampak dari sikap optimis investor yang menguat.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono mengatakan, reli saat ini di BTC dan altcoin tertentu dapat mengindikasikan pasar sedang dalam proses oversold

"Investor sudah jenuh dan mulai ingin kembali melakukan akumulasi, walaupun hambatan masalah likuiditas yang dihadapi oleh Digital Currency Group dan Genesis Trading masih belum terselesaikan," ujar Afid dalam analisis pasar harian yang diterima Liputan6.com, Rabu (23/11/2022). 

Dorongan sikap optimistis investor kripto juga datang dari situasi indeks pasar saham AS yang menunjukkan performa apik. Dow Jones Industrial (DJIA) membukukan kenaikan 0,94 persen dan S&P 500 menguat 1 persen. 

Pasar kripto kemungkinan akan tetap berkorelasi erat dengan ekuitas AS dan menampilkan dinamika harga yang sama.

Di sisi ekosistem kripto, kabar baik datang dari JP Morgan yang resmi memiliki wallet kripto. Detail untuk aset yang akan digunakan masih belum dijelaskan, tetapi berita tersebut menjadi fundamental positif untuk market kripto ditengah badai yang melanda institusional industri kripto.

Nilai bitcoin mulai reli naik lebih dari 4 persen di atas level support USD 16.320 (Rp 256,3 juta). Sementara, Ethereum juga melonjak lebih dari 5 persen dalam 24 jam terakhir. 

Sehari sebelumnya terjadi penurunan ETH yang dipengaruhi oleh penjualan ETH dalam jumlah yang besar, hingga membuat investor retail panik.

"Keyakinan investor di pasar kripto juga bisa meningkat karena keyakinan mereka bahwa The Fed dapat meluncurkan kenaikan suku bunga yang lebih kecil dalam dua bulan ke depan," ujar Afid.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pasar Menunjukkan Beberapa Momentum

Afid menuturkan, pasar kripto menunjukkan beberapa momentum bullish dalam jangka pendek, tantangan yang lebih besar dari kenaikan suku bunga, berkurangnya arus masuk dan likuiditas di pasar kripto, dan ancaman penularan dari kebangkrutan FTX yang berdampak pada seluruh pasar terus membebani harga BTC.

"Meski begitu, Investor harus mempersiapkan diri untuk hari-hari yang sulit ke depan. Efek domino dari bangkrutnya FTX mulai terasa. Beberapa perusahaan di industri kripto perlahan mulai terkena dampaknya, bahkan sebagian menyerah pada keadaan saat ini dan menyatakan bangkrut," tutur Afid.

Analisis Teknikal

Dari analisis teknikal, Bitcoin sedang retest untuk menembus level resistance terdekat di USD 16.770. Jika berhasil tertembus ada kemungkinan bisa terjadi kenaikan hingga level terendah berada pada harga USD 17.390.

Bitcoin belum menunjukan pergerakan yang agresif setelah mengalami penurunan tajam dan membentuk harga terendah sementara di tahun 2022 sebagai major support, yaitu level USD 15.512.

Sementara, investor ETH memiliki misi untuk menarik sentimen positif market dan mendorong ETH bergerak naik lebih tinggi. Dari grafik 50-Day EMA, level USD 1.339 menjadi target naik selanjutnya, apabila pergerakan harga ETH berhasil breakout.

 

3 dari 4 halaman

Harga Kripto pada Rabu 23 November 2022

Sebelumnya, harga bitcoin dan kripto jajaran teratas lainnya berbalik arah ke zona hijau pada perdagangan Rabu (23/11/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas cenderung menguat.

Berdasarkan data Coinmarketcap, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, bitcoin kini menghijau dalam 24 jam terakhir. Harga bitcoin (BTC) menanjak 24, persen. Namun, dalam sepekan terakhir, harga bitcoin merosot 4,07 persen. Harga bitcoin kini berada di posisi USD 16.184,15 atau sekitar Rp 253,61 juta (asumsi kurs Rp 15.671 per dolar Amerika Serikat).

Demikian juga harga ethereum (ETH) berada di zona hijau. Harga ethereum menguat 2,07 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, harga ethereum terpangkas 9,25 persen dalam sepekan terakhir. Saat ini, harga ethereum berada di posisi USD 1.134,09 atau sekitar Rp 17,77 juta.

Kemudian, harga binance coin (BNB) melonjak 4,56 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BNB susut 3,69 persen. Kini, harga BNB berada di posisi USD 266,27 atau sekitar Rp 4,16 juta.

Selanjutnya, harga XRP bertambah 2,77 persen selama 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga XRP merosot 2,68 persen. Saat ini, harga XRP berada di posisi USD 0,3765.

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Penguatan harga juga diikuti cardano (ADA). Harga cardano menanjak 2,44 persen dalam 24 jam terakhir. Meski demikian, harga cardano turun 7,25 persen. Kini, harga cardano berada di posisi USD 0,3126.

Harga dogecoin (DOGE) bertambah 5,16 persen dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan, harga dogecoin terperosok 9,3 persen. Saat ini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,07861.

Demikian juga harga polygon (matic) berada di zona hijau. Harga polygon melejit 6,68 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga polygon terpangkas 9,07 persen. Kini, harga polygon berada di posisi USD 0,8501.

Stablecoin seperti tether (USDT) berada di zona hijau dalam 24 jam terakhir. Namun, selama sepekan terakhir, harga USDT berada di zona merah. Harga tether berada di posisi USD 0,9991.

Harga USD Coin (USDC) susut 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga USDC turun 0,01 persen. Kini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Harga binance USD (BUSD) merosot 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BUSD naik 0,01 persen. Saat ini, harga BUSD berada di posisi USD 1,00.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.