Sukses

Harga Kripto Hari Ini 21 November 2022: Bitcoin Cs Kembali Koreksi

Pasar kripto kembali melemah pada perdagangan Senin (21/11/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Senin (21/11/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau bertengger di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin pagi, 21 November 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 0,85 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 0,79 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 16.506 per koin atau setara Rp 258,1 juta (asumsi kurs Rp 15.641 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga kembali melemah pagi ini. ETH turun 3,02 persen dan 3,23 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.173 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) juga melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB melemah 1,38 persen dan 2,82 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 268,10 per koin. 

Kemudian Cardano, kembali melemah. Dalam satu hari terakhir ADA merosot 3,74 persen dan 4,08 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,3164 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali bertengger di zona merah dengan penurunan selama satu hari terakhir sebesar 1,16 persen dan 7,07 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 12,63 per koin.

Sedangkan XRP harus terkoreksi pagi ini. XRP ambles 3,15 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 10,13 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3715 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali melemah. Dalam satu hari terakhir DOGE turun 5,76 persen dan 5,43 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,07967 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam alami pelemahan ke level USD 819,5 miliar dari sebelumnya di level USD 831,3 miliar.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalankan Skema Ponzi Kripto, Manajer Investasi di Ohio Ditangkap

Sebelumnya, seorang manajer investasi berusia 27 tahun, Rathnakishore Giri yang tinggal di New Albany, Ohio, ditangkap pada Jumat (18/11/2022) atas tuduhan kriminal karena menjalankan penipuan investasi cryptocurrency yang mengumpulkan setidaknya USD 10 juta atau sekitar Rp 156,4 miliar dari investor. 

Dilansir dari CoinDesk, Sabtu (19/11/2022), menurut siaran pers Departemen Kehakiman, Giri diduga menyesatkan investor dengan mempromosikan dirinya sebagai pedagang kripto ahli dengan spesialisasi turunan bitcoin. 

Menurut surat dakwaan, Giri secara tidak benar menjanjikan pengembalian yang menguntungkan kepada investor atas uang yang mereka investasikan dengannya, tanpa risiko terhadap kepala sekolah. 

Pada kenyataannya, dia menggunakan dana dari investor sebelumnya untuk melunasi investor baru dalam pengaturan skema Ponzi klasik. Giri didakwa dengan lima dakwaan penipuan kawat dan menghadapi hukuman maksimal 20 tahun sebelumnya untuk setiap dakwaan jika terbukti bersalah.

Pada Agustus 2022, Commodities Futures and Trading Commission (CFTC) AS mengeluarkan perintah gencatan dan penghentian terhadap Giri dan dua perusahaannya, menuduh dia menipu investor lebih dari USD 12 juta dan berusaha membuat Giri membayar kembali investornya. 

CFTC menuduh Giri menggunakan uang investor untuk mendanai gaya hidup mewah jet pribadi, persewaan kapal pesiar, dan lainnya. 

Di tengah siklus kripto yang disebut dengan crypto winter, masih banyak aktor jahat yang memanfaatkan aset kripto untuk kepentingan pribadi. Mereka seolah-olah menjadi ahli investasi kripto dan mengumpulkan dana dari masyarakat. 

Pada praktiknya, mereka tidak benar-benar berinvestasi pada kripto melainkan memberikan dana investor bari kepada investor lama dalam perekrutan skema ponzi. 

 

3 dari 4 halaman

Dampak Kasus FTX, Kapitalisasi Pasar Kripto Sentuh Rp 11.527 Triliun, Terendah Sejak 2021

Sebelumnya, dengan turunnya kepercayaan investor terhadap mata uang kripto akibat jatuhnya bursa FTX milik Sam Bankman-Fried, total kapitalisasi pasar aset digital juga turun bulan ini di bawah USD 800 miliar (Rp 12.587 triliun). Level itu yang tidak terlihat sejak awal 2021, menurut data dari TradingView.

Dilansir dari CoinDesk Jumat (18/11/2022), gejolak terbaru di pasar aset digital memangkas sekitar USD 183 miliar dari kapitalisasi pasar industri. Secara keseluruhan, kapitalisasi pasar aset kripto turun menjadi USD 736 miliar (Rp 11.527 triliun) pada 9 November, terendah sejak Januari 2021.

Penurunan terjadi karena bangkurtnya FTX mengirim harga bitcoin dan mata uang kripto lainnya ke titik terendah baru pada saat itu. Bitcoin (BTC), cryptocurrency terbesar, turun 22 persen selama tujuh hari hingga 13 November, kinerja mingguan terburuk dalam lima bulan. Bitcoin sekarang menyumbang USD 319 miliar dari seluruh kapitalisasi pasar cryptocurrency. 

Di puncak pasar bull sekitar setahun yang lalu, ketika bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa sekitar USD 69.000, nilai pasarnya berada di level USD 1 triliun. Sedangkan, untuk seluruh kapitalisasi pasar kripto mencapai angka USD 3 triliun saat itu tetapi telah menurun sejak saat itu. 

Harga bitcoin turun 5 persen selama tujuh hari terakhir dan telah diperdagangkan dalam kisaran USD 15.000 hingga USD 17.000.

Selama pasar jatuh sebelumnya, kapitalisasi pasar total dari cryptocurrency juga kehilangan pijakan yang cukup besar. Pada Juli 2021, total kapitalisasi pasar turun menjadi USD 1,1 triliun setelah mencapai level tertinggi USD 2,5 triliun pada Mei 2021.

4 dari 4 halaman

Binance Batalkan Rencana Akuisisi Crypto FTX

Setelah mengungkapkan akan membeli FTX, pertukaran kripto Binance kembali mengumumkan telah mundur dari kesepakatan untuk membeli pertukaran kripto FTX.

Binance mengumumkan ada beberapa hal yang membuat perusahaan menarik diri dari rencana akuisisi tersebut. 

“Setelah melakukan uji tuntas perusahaan serta adanya laporan berita terbaru mengenai dana pelanggan yang salah penanganan dan dugaan investigasi agensi AS,” tulis Binance di Twitter, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (10/11/2022).

Binance kemudian mencatat mereka ingin membantu pelanggan FTX tetapi masalahnya berada di luar kendali atau kemampuan Binance membantu.

Pertukaran kripto terbesar itu lebih lanjut mengatakan setiap kali bisnis kripto besar gagal, investor ritel yang menderita.

“Kami telah melihat selama beberapa tahun terakhir ekosistem kripto menjadi lebih tangguh dan kami percaya pada waktunya outlier yang menyalahgunakan dana pengguna akan disingkirkan oleh pasar bebas,” tambah Binance dalam cuitannya.

Binance mengakhiri penjelasan dengan menambahkan ekosistem akan diuntungkan oleh “kerangka peraturan” yang lebih kuat dan “desentralisasi yang lebih besar.” 

Nilai aset kripto turun karena berita dan seluruh ekonomi kripto hampir turun di bawah USD 800 miliar, setelah turun 10,56 persen selama 24 jam terakhir.

Bitcoin (BTC) turun di bawah USD 16.000 atau sekitar Rp 251 juta per unit pada Rabu malam menyusul berita tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.