Sukses

Harga Kripto Hari Ini 16 November 2022: Bitcoin dkk Berangsur Pulih

Pasar kripto kembali menghijau pada perdagangan Rabu (16/11/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada perdagangan Rabu (16/11/2022). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau mulai kembali pulih.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Rabu pagi, 16 November 2022, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat 2,74 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 8,69 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 16.867 per koin atau setara Rp 262,3 juta (asumsi kurs Rp 15.556 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) juga berhasil menguat Rabu pagi ini. ETH naik 1,91 persen dalam 24 jam, tetapi masih terkoreksi 5,50 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.246 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih terkoreksi. Dalam 24 jam terakhir BNB ambles 0,19 persen dan 12,74 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 275,50 per koin. 

Kemudian Cardano, berhasil pulih. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 2,47 persen, tetapi masih melemah 8,65 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,3367 per koin.

Adapun Solana (SOL) berhasil kembali bertengger di zona hijau dengan kenaikan selama satu hari terakhir sebesar 3,16 persen, tetapi masih melemah 40,02 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 14,21 per koin.

Sedangkan XRP masih melanjutkan penguatan. XRP melesat 3,80 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 3,20 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3879 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali menguat tipis. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 1,16 persen dan 0,15 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,08638 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam alami penguatan tipis ke level USD 844 miliar dari sebelumnya di level USD 827,9 miliar.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Eksekutif Pertukaran Kripto Global Bersaksi di Depan Komite Keuangan Inggris, Ada Apa?

Sebelumnya, menyusul kebangkrutan FTX minggu lalu, para eksekutif dari Binance, Ripple, dan pelaku industri lainnya memberikan kesaksian di depan Komite Keuangan Parlemen Inggris. Beberapa komite yang hadir yaitu, ketua komite Harriet Baldwin, seorang anggota parlemen yang konservatif bersama dengan anggota komite lainnya. 

Sedangkan dari perwakilan pelaku industri yang hadir adalah wakil presiden urusan pemerintahan Eropa di Binance, Daniel Trinder, kepala kebijakan di jaringan pembayaran Ripple, Susan Friedman. Kemudian, direktur eksekutif grup lobi CryptoUK, Ian Taylor, dan kepala Eropa di Galaxy Digital, Tim Grant.

Baldwin melontarkan beberapa pertanyaan kepada perwakilan industri, seperti apakah peristiwa seputar FTX merusak kepercayaan terkait apa yang mereka lakukan untuk mencari nafkah.

"Saya pikir akan sangat salah jika menilai seluruh industri dengan satu apel buruk ini, yang kebetulan merupakan apel yang sangat besar," kata Grant, dikutip dari CoinDesk, Selasa (15/11/2022).

 

3 dari 5 halaman

Perusahaan Kripto Perlu Diaudit

Taylor dari CryptoUK meminta pemerintah Inggris untuk menerapkan kerangka kerja yang luas seperti undang-undang Pasar Uni Eropa dalam Aset Kripto (MiCA), dan Friedman dari Ripple menggemakan permintaan ini. Selain itu, Trinder dari Taylor dan Binance juga mengatakan perusahaan kripto perlu diaudit.

Anggota komite juga bertanya kepada Trinder apakah Binance mengetahui tindakannya membongkar sebagian besar kepemilikannya di pasar atas token pertukaran FTX FTT, dan menyetujui. Kemudian mundur dari kesepakatan untuk bailout/mengakuisisi FTX dapat menyebabkan keruntuhan dari pertukaran itu.

Trinder membantah niat tersebut dan menawarkan untuk segera mengirimkan dokumen korespondensi terkait komite untuk membenarkan tindakan Binance tidak didorong oleh niat untuk menghancurkan pesaingnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Jeremy Hunt Inggris masih memiliki harapan untuk menjadikan negaranya pusat inovasi kripto dan ingin bekerja dengan regulator untuk memastikan tujuan ini tidak merusak stabilitas. Maka dari itu, perundingan ini diharapkan dapat menemukan titik terang tentang apa yang terjadi dalam industri kripto.

4 dari 5 halaman

Alameda Research Pindahkan Kripto Rp 1,3 Triliun ke Alamat Dompet Baru

Sebelumnya, perusahaan kripto yang dibangun oleh Sam Bankman-Fried, telah memindahkan token Serum, FTX, dan Uniswap senilai USD 2,7 juta (Rp 4,2 miliar) ke alamat dompet baru.

Secara total, mereka telah mengumpulkan aset senilai USD 89 juta (Rp 1,3 triliun), menurut data on-chain.

Dilansir dari Decrypt, Selasa (15/11/2022), perusahaan analitik blockchain Nansen menyebut tidak ada nama dompet pada alamat baru tersebut, semuanya diberi label sebagai milik perusahaan perdagangan kripto Sam Bankman-Fried, Alameda Research. Nansen juga menjelaskan, perusahaan telah mencoba memindahkan dana sejak kemarin.

Transaksi tersebut hanyalah transfer terbaru yang tidak dapat dijelaskan oleh dompet milik Alameda Research setelah pengajuan kebangkrutan Bab 11 FTX Group, yang mencakup FTX.com, West Realm Shires (perusahaan induk FTX AS), dan Alameda Research.

Pada Sabtu, Alameda Research memindahkan dana senilai USD 36 juta token BitDAO (BIT) senilai USD 31 juta, token SushiBar senilai USD 5 juta, dan token Render senilai USD 1 juta.

Alameda membeli 100 juta token BIT tahun lalu dari BitDAO, organisasi otonom terdesentralisasi yang didirikan tahun lalu oleh pertukaran Bybit yang berbasis di Singapura dan didukung oleh Peter Thiel, Founders Fund yang didirikan Thiel, Pantera Capital, dan Dragonfly Capital.

Alameda menggunakan FTT Coin untuk membeli token BIT dan, sebagai bagian dari kesepakatan mereka, organisasi tersebut setuju tidak ada yang akan menjual token yang lain sebelum November 2024. 

5 dari 5 halaman

Alameda Dituntut Buktikan Tak Likuidasi

Awal bulan ini, BitDAO menuntut agar Alameda membuktikan mereka tidak melikuidasi token setelah BIT tiba-tiba turun 20 persen. Sekarang, 100 juta token BIT tampaknya ada di dompet tempat Alameda mentransfer dana dari dompet lainnya.

Alameda, didirikan pada 2017 oleh Bankman-Fried dan Tara Mac Aulay, adalah perusahaan perdagangan kuantitatif dan perusahaan saudara dari FTX. Bankman-Fried mendirikan FTX pada 2019 tetapi tidak mundur dari keseharian di Alameda Research hingga Juli 2021. 

Ketika dia melakukannya, Caroline Ellison dan Sam Trabucco ditunjuk sebagai co-CEO. Trabucco mengundurkan diri pada Agustus, mengatakan di Twitter dia tidak dapat “secara pribadi terus membenarkan investasi waktu menjadi bagian sentral dari Alameda.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.