Sukses

Politikus Kanada Dikecam Gara-Gara Sebut Investasi Kripto Bisa Terhindar dari Inflasi

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengklaim saran kripto saingan Konservatifnya bukanlah cara kepemimpinan yang bertanggung jawab.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengecam pemimpin baru Partai Konservatif Kanada, Pierre Poilievre, karena memberi tahu orang-orang mereka dapat menghindari inflasi dengan berinvestasi dalam cryptocurrency. 

Trudeau mengklaim saran kripto saingan Konservatifnya bukanlah cara kepemimpinan yang bertanggung jawab. Trudeau berbicara tentang cryptocurrency dalam pidatonya Senin, 12 September 2022 sebelum pertemuan kaukus penuh pertama dari retret Kabinet tiga hari di Vancouver untuk anggota parlemen Liberal Kanada.

Setelah memberi selamat kepada anggota parlemen Konservatif, Pierre Poilievre karena memenangkan kepemimpinan partainya pada Sabtu, Trudeau mengkritik politik saingan barunya, menyebutnya tidak bertanggung jawab. Perdana menteri Kanada juga menyerang saran Poilievre tentang cryptocurrency.

Mengacu pada saran Poilievre kepada orang Kanada berinvestasi dalam bitcoin dapat memungkinkan mereka untuk “memilih keluar” dari inflasi.

"Memberi tahu orang-orang bahwa mereka dapat memilih keluar dari inflasi dengan menginvestasikan tabungan mereka dalam cryptocurrency yang mudah berubah bukanlah kepemimpinan yang bertanggung jawab,” ujar Trudeau dikutip dari Bitcoin.com, Senin (19/9/2022). 

Perdana menteri Kanada itu juga mengklaim siapa pun yang mengikuti saran itu akan melihat tabungan hidup mereka hancur.

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Komentar Bank Sentral Kanada

Mengikuti pernyataan Poilievre pada Maret tentang kripto dan inflasi, wakil gubernur senior Bank of Canada, Carolyn Rogers, mengatakan kepada komite keuangan Commons tidak melihat cryptocurrency sebagai cara bagi orang Kanada untuk memilih keluar dari inflasi atau sebagai sumber stabil nilai.

Pemimpin Konservatif itu telah menjadi pendukung bitcoin yang vokal. Dia sebelumnya mengkonfirmasi dia memiliki kepentingan keuangan pribadi dalam cryptocurrency. Politisi telah mempromosikan kripto sebagai lindung nilai terhadap inflasi selama kampanyenya.

Poilievre juga telah mengusulkan untuk melarang Bank of Canada mengembangkan mata uang digital bank sentralnya sendiri (CBDC), yang menyatakan orang Kanada harus bebas menggunakan mata uang alternatif untuk pembayaran. 

Dalam tweet yang berbeda pada April, ia mengkritik bank sentral Kanada karena memperingatkan tentang "deflasi" tetapi kemudian mencetak USD 400 miliar untuk dipinjam Trudeau, menyebabkan inflasi terburuk dalam 30 tahun.

Pada Maret, Poilievre berjanji untuk “melepaskan” potensi cryptocurrency dan menjadikan Kanada ibu kota blockchain dunia. 

3 dari 6 halaman

Studi: Pengguna Kripto Global Sentuh 320 Juta, Asia dan Afrika Memimpin

Sebelumnya diberitakan, sebuah studi baru dari perusahaan pembayaran aset digital, TripleA mengungkapkan ratusan juta orang di seluruh dunia menggunakan cryptocurrency. 

TripleA yang berbasis di Singapura mengatakan perusahaan mengumpulkan data dari lebih dari selusin laporan dan survei untuk mendapatkan kumpulan statistik yang paling menyeluruh dan akurat untuk studi mereka.

Menurut penelitian perusahaan, tingkat kepemilikan kripto global mencapai rata-rata 4,2 persen pada tahun ini, yang berarti ada lebih dari 320 juta pengguna aset digital di seluruh dunia.

Memimpin biaya adopsi kripto global adalah AS dengan 46 juta pengguna, diikuti oleh India dan Pakistan dengan masing-masing 27 juta dan 26 juta pengguna.

Berdasarkan benua, penelitian ini mengungkapkan Asia berada di depan kurva dengan 130 juta pengguna kripto. Afrika menempati posisi kedua dengan 53 juta pengguna kripto diikuti oleh 51 juta pengguna di Amerika Utara.

Menurut penelitian, pertumbuhan pengguna kripto sejak 2014 tampaknya mengikuti lintasan adopsi internet pada 1990-an. Adapun Bitcoin (BTC), penelitian ini menyoroti nilai crypto terkemuka berdasarkan kapitalisasi pasar tumbuh 540.000 persen mengejutkan dari 2012 hingga 2021.

“Bitcoin mencapai tingkat pertumbuhan tahunan 60 persen pada 2021 dan pasar cryptocurrency diprediksi akan tumbuh dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 56,4 persen dari 2019 hingga 2025,” isi laporan tersebut, dikutip dari Daily Hodl, Senin (19/9/2022). 

Melihat dampak kripto di berbagai industri, penelitian ini menyoroti 85 persen bisnis yang berbasis di AS mengatakan memungkinkan pembayaran aset digital adalah prioritas tinggi. 

Selain itu, bisnis yang menerima pembayaran kripto menyaksikan peningkatan rata-rata laba atas investasi sebesar 327 persen dan lonjakan pelanggan baru hingga 40 persen.

 

4 dari 6 halaman

Saat Penambangan Kripto di Australia Pakai Tenaga Surya

Sebelumnya, sebuah pusat data penambangan kripto di negara bagian Australia Selatan akan beroperasi terutama dengan listrik yang dihasilkan oleh tenaga surya, menurut laporan sebuah media. Fasilitas pencetakan koin telah didirikan di wilayah yang dikenal dengan ekstraksi bijih besi dan produksi baja yang haus energi.

Mengutip Bitcoin, Kota Baja Whyalla di Australia Selatan telah menjadi rumah bagi instalasi penambangan kripto baru yang akan berjalan dengan listrik yang dihasilkan dari tenaga surya.

Lalu, dioperasikan oleh perusahaan Lumos Digital Mining, fasilitas 5 megawatt akan mencetak bitcoin, sebuah proses yang kerap kali disalahkan karena sifatnya yang padat energi.

Penyiar nasional Australia ABC mencatat dalam sebuah laporan pada saat dunia sedang mencoba untuk mengurangi konsumsi energi, ekstraksi cryptocurrency terkemuka dengan kapitalisasi pasar menggunakan lebih banyak kekuatan daripada negara-negara berukuran sedang seperti Argentina. Ini adalah kritik yang sering disorot oleh media massa di seluruh dunia.

Otoritas setempat melihat proyek penambangan kripto berbasis surya sebagai bukti bahwa generasi bitcoin bisa lebih ramah lingkungan. Mengomentari upaya tersebut, Menteri Perdagangan dan Investasi Negara Bagian Australia Selatan Nick Champion menjelaskan pentingnya untuk dekarbonisasi blockchain.

"Ini penting untuk dekarbonisasi blockchain, yang merupakan industri yang sangat intensif energi. Saya pikir ini adalah awal dari ekonomi baru di Whyalla,” kata Nick, dikutip dari Bitcoin, Minggu (18/9/2022).

Pejabat pemerintah juga berharap untuk melihat pusat data lain menambang cryptocurrency menggunakan energi terbarukan di masa depan.

"Akan ada permintaan untuk blockchain, tetapi juga blockchain karbon-netral, jadi saya pikir kita akan melihat lebih banyak fasilitas seperti ini,” ujar dia.

5 dari 6 halaman

Penambangan Kripto Pakai Energi Terbarukan Jadi Perhatian

Pernyataannya muncul setelah laporan baru-baru ini oleh Kantor Kebijakan Sains dan Teknologi White House memperkirakan produksi cryptocurrency di Amerika Serikat saja mewakili sebanyak 0,3 persen dari emisi gas rumah kaca global.

Menurut perwakilan Lumos Digital Mining, ladang crypto baru berpotensi mencetak sekitar 100 BTC setiap tahun, tergantung pada daya yang tersedia. 

Angelo Kondylas mengatakan, perusahaan juga dapat menjual sebagian tenaga suryanya kepada konsumen lain atau meningkatkan output kripto untuk memanfaatkan kelebihan energi dari sumber yang berbeda ketika pembangkit listrik melebihi permintaan.

Kondylas menunjukkan generator listrik dapat mengalami kerugian besar ketika dimatikan pada saat konsumsi rendah. 

“Kami pada dasarnya seperti spons. Kelebihan yang tidak terpakai kita serap,” ujar dia. 

Sedangkan, operator bermaksud untuk menggandakan ukuran fasilitas penambangan. Penambangan Bitcoin pada energi terbarukan dan surplus telah mendapatkan daya tarik di seluruh dunia, dengan meningkatnya minat investor pada proyek pencetakan koin berbasis surya di AS dan peningkatan kapasitas pertanian cryptocurrency yang menggunakan gas minyak terkait (APG) di ladang minyak Rusia.

6 dari 6 halaman

Masyarakat Masih Bingung Terkait Kripto

Pernyataan pemerintah mengatakan langkah itu menjadikan Republik Afrika Tengah salah satu "negara paling visioner" di dunia, tetapi sebagian besar penduduk di sana yang telah akrab dengan uang seluler untuk membeli barang dan membayar tagihan masih bingung soal kripto.

"Bitcoin. Apa itu? Apa yang bisa dibawa Bitcoin ke negara kita?" ujar Auguste Agou, yang menjalankan perusahaan kayu lokal di Bangui (ibu kota Republik Afrika Tengah), dikutip dari Channel News Asia, Rabu (4/5/2022). 

Negara Afrika berpenduduk 4,8 juta orang ini adalah negara kedua di dunia yang beralih ke Bitcoin, setelah El Salvador.

Analis di Economist Intelligence Unit, Nathan Hayes mengatakan ada hambatan besar untuk adopsi kripto sebagai alat pembayaran. 

“Mengingat hambatan besar untuk adopsi dan risiko yang terkait dengan penggunaan, dan keuntungan yang tampaknya terbatas, kami tidak mengharapkan adopsi cryptocurrency secara luas di negara ini,” ujar Hayes.

Adapun, perusahaan penelitian blockchain, Chainalysis, yang bertugas melacak penggunaan kripto juga mengungkapkan tidak memiliki data tentang Republik Afrika Tengah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.