Sukses

Polisi Israel Tangkap Tiga Orang, Diduga Kasus Pencucian Uang dengan Kripto

Tiga orang itu juga dicurigai memberikan layanan pencucian uang kepada penjahat.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi di Israel telah menahan tiga tersangka yang diduga mencuci jutaan euro dari hasil pencurian perbendaharaan Prancis melalui transaksi cryptocurrency. Uang itu berasal dari hibah pemerintah untuk bisnis yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Dilansir dari Bitcoin.com, ditulis Rabu, 24 Agustus 2022, tiga orang itu juga dicurigai memberikan layanan pencucian uang kepada penjahat yang menipu Prancis. Operasi tersebut mengikuti penyelidikan rahasia yang dilakukan oleh Lahav 433, unit khusus memerangi kejahatan Israel. 

Menurut publikasi media Israel, pihak berwenang percaya orang-orang yang ditahan telah menggunakan berbagai cryptocurrency untuk mencuci jutaan euro, yang kemudian dikembalikan ke klien Prancis, yang untuk itu orang Israel dibayar. 

Beberapa tersangka lain juga telah diperiksa sebagai bagian dari upaya mengungkap skema tersebut.

Selain Lahav 433, unit investigasi Yahalom dari Otoritas Pajak Israel dan departemen kejahatan dunia maya dan kejahatan internasional dari Kantor Kejaksaan Negara juga mengambil bagian dalam upaya ini. 

Polisi Israel bekerja sama erat dengan rekan-rekan Prancis mereka dan Badan Kerjasama Penegakan Hukum Uni Eropa (Europol) juga, laporan tersebut merinci.

Sementara Israel mulai menangani kasus ini pada awal 2022, Prancis meluncurkan penyelidikan mereka tahun lalu. Para penipu di Prancis memanfaatkan program pemerintah untuk mendukung entitas yang terkena dampak negatif pandemi Covid-19 pada 2020 dan 2021.

Penyelenggara pencurian Prancis mendirikan perusahaan fiktif dan berhasil mengajukan dan menerima pembayaran kompensasi yang diberikan oleh pemerintah. 

Mereka kemudian menggunakan layanan pencucian uang dari orang Israel yang ditangkap yang membeli kripto dengan uang itu dan menukarnya melalui beberapa koin untuk mengaburkan sumber asli dana sebelum akhirnya membeli mata uang fiat lagi. 

Pejabat polisi menolak untuk menjelaskan secara komprehensif bagaimana sistem itu bekerja, tetapi berjanji untuk memberikan rincian lebih lanjut segera.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

CFTC Tindak Hukum Seorang Penduduk Ohio Akibat Skema Ponzi Kripto

Sebelumnya, Komisi Berjangka dan Perdagangan Komoditas AS (CFTC) mengambil tindakan hukum terhadap seorang penduduk Ohio yang dikatakan menjalankan skema Ponzi senilai USD 12 juta atau sekitar Rp 175,9 miliar yang melibatkan bitcoin. 

Hal ini dijelaskan dalam sebuah pengaduan yang diajukan di pengadilan distrik di negara bagian pada Kamis, 11 Agustus 2022. Skema Ponzi adalah jenis penipuan investasi di mana investor lama dibayar dengan dana yang dikumpulkan dari investor baru.

Keluhan, yang diajukan di Distrik Selatan Ohio, adalah perintah penghentian terhadap Rathnakishore Giri dan dua perusahaannya SR Private Equity LLC dan NBD Eidetic Capital LLC. CFTC juga ingin pengadilan membuat Giri membayar kembali investornya yang bersalah.

Menurut Komisaris CFTC Kristin N. Johnson, Giri dituduh merekayasa dan mengabadikan skema yang dirancang untuk menipu investor yang tertarik dengan kripto.

"Dengan kedok ia mengoperasikan dana investasi ekuitas swasta dengan fokus pada investasi dalam aset digital, Giri memanfaatkan semangat kontemporer untuk peluang investasi aset digital dan memikat investor tanpa disadari untuk menyumbangkan lebih dari USD 12 juta tunai dan bitcoin,” kata Johnson dalam sebuah pernyataan dikutip dari CoinDesk, Kamis (18/8/2022).

Giri juga menjanjikan pengembalian yang cukup besar tanpa adanya risiko kerugian finansial. CFTC menuduh Giri melanggar undang-undang dan peraturan komoditas yang melarang manipulasi informasi dan "perangkat penipuan". 

Johnson, dalam pernyataannya, juga mengatakan Giri menggunakan uang investor untuk mendanai gaya hidup mewah yang ditandai dengan penggunaan jet pribadi, penyewaan kapal pesiar, rumah liburan mewah, mobil mewah, dan pakaian mahal.

"Kasus ini menggambarkan bahaya ini, menggarisbawahi ancaman yang selalu ada, dan menunjukkan apa pun kelas asetnya peraturan yang efektif dan perlindungan pelanggan harus menjadi salah satu prioritas tertinggi kami," pungkas Johnson.

3 dari 4 halaman

Warga Sri Lanka Tertipu Skema Ponzi Kripto di Tengah Krisis Negara

Sebelumnya, penipu Ponzi memperparah kesengsaraan ekonomi warga Sri Lanka dengan menipu mereka dengan skema kripto palsu. Penipuan itu terjadi saat Sri Lanka mengalami salah satu krisis ekonomi terburuk yang pernah terjadi setelah gagal bayar utang pada Mei 2022.

Dengan inflasi yang melonjak melewati 50 persen, warga semakin sulit untuk bertahan hidup secara finansial. Sekarang, beberapa orang Sri Lanka menuduh sekelompok individu telah menipu jutaan rupee melalui skema investasi cryptocurrency palsu.

Menurut dokumen yang diserahkan kepada otoritas Sri Lanka, para investor mengklaim pada awal 2020, ada yang mendirikan perusahaan Sports Chain, yang mereka katakan sebagai platform untuk berinvestasi dalam cryptocurrency.

Di situs webnya, Sports Chain menyebut dirinya sebagai usaha “sangat menguntungkan” dan “anonim” dengan tujuan “menjadi mata uang digital yang terus meningkat yang digunakan dalam keuangan digital industri olahraga.

Kerugian Nyata bagi Investor

Menurut seseorang yang mengetahui masalah ini, lebih dari 1.000 orang dikatakan telah bergabung dengan skema ini di satu distrik saja. Namun, tidak diketahui berapa banyak orang yang telah ditipu.

Menurut individu ini, skema tersebut memiliki efek domino karena model skema ponzi yang menarik investor baru untuk memberikan keuntungan pada investor lama. 

4 dari 4 halaman

Kekhawatiran Kripto di Sri Lanka

Penipuan itu diklaim berdampak pada orang-orang berusia antara 30 dan 40 tahun, termasuk mereka yang berasal dari latar belakang kelas menengah ke bawah di daerah pedesaan, dan para profesional seperti dokter dan petugas keamanan.

“Jika saya punya uang hari ini, saya bisa membuka rekening deposito tetap dan menggunakannya untuk meningkatkan status ekonomi keluarga saya. Sayangnya, kami adalah korban investor tingkat bawah dalam skema piramida mereka. Jadi kami tidak menerima pengembalian yang dijanjikan,” ujar Marasingha, dikutip dari Bein Crypto, Rabu (17/8/2022). 

Tahun lalu, Departemen Informasi Pemerintah Sri Lanka mengeluarkan siaran pers yang menguraikan inisiatif baru yang akan melihat upaya yang dipimpin pemerintah untuk menciptakan sistem terintegrasi perbankan digital, blockchain, dan teknologi penambangan kripto yang dinasionalisasi.

Namun, bulan lalu, di tengah kerusuhan politik yang sedang berlangsung di negara Asia Selatan, pengawas domestik mengeluarkan peringatan kepada penduduknya agar tidak mengadopsi bitcoin.

Selain itu, bank sentral Sri Lanka (CBSL) menyatakan mereka tidak menganggap cryptocurrency sebagai uang tunai legal di negara tersebut dan telah menolak untuk memberikan izin bagi perusahaan kripto untuk beroperasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.