Sukses

Bitcoin Sempat Tembus Rp 369,3 Juta, Catat Harga Tertinggi Sejak Juni 2022

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin secara singkat berhasil menembus USD 25.000 tau sekitar Rp 369,3 juta dan berhasil mencapai level tertinggi Juni. Namun, penguatan tak bertahan lama, akhirnya Bitcoin jatuh tajam karena cryptocurrency berjuang untuk membuat langkah signifikan lebih tinggi.

Koin digital terbesar di dunia melonjak di atas USD 25.000 pada akhir pekan untuk pertama kalinya sejak pertengahan Juni, menurut data CoinDesk. Kemudian Bitcoin kembali datar pada Senin di kisaran USD 24.120 dan pada Selasa kembali melemah. 

Cryptocurrency berhasil bergerak lebih tinggi dalam sebulan terakhir setelah kenaikan saham AS. Mata uang digital seperti bitcoin relatif berkorelasi dengan pergerakan di pasar saham, khususnya Nasdaq yang sarat teknologi, yang naik sekitar 12 persen pada bulan lalu.

Investor Semakin Bullish Setelah Data Ekonomi

Kenaikan ini bermula setelah rilis laporan mengenai data inflasi AS yang turun dari bulan sebelumnya. Investor mencerna data tersebut dengan positif yang mendorong pasar kripto melonjak naik. 

Bitcoin telah diperdagangkan dalam kisaran sejak akhir Juni sekitar USD 20.000 hingga USD 24.000. Meskipun telah menunjukkan upaya untuk mendorong lebih tinggi, ia telah berjuang untuk menciptakan penembusan yang signifikan. Namun, sekarang ada tanda-tanda reli kecil.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Bitcoin Menguat

Wakil presiden pengembangan perusahaan dan internasional di crypto exchange Luno, Vijay Ayyar mengatakan, Bitcoin terus menunjukkan tanda-tanda penguatan. 

“BTC terus menunjukkan tanda-tanda bullish terutama karena pembentukan tertinggi dan terendah yang lebih tinggi,” kata Vijay dikutip dari CNBC, Selasa (16/8/2022). 

Kenaikan Bitcoin juga dapat dikaitkan dengan reli koin alternatif, atau altcoin. Ethereum naik 56 persen pada bulan lalu, jauh melampaui keuntungan yang dibuat oleh bitcoin. 

Itu karena investor senang dengan peningkatan besar yang telah lama ditunggu-tunggu ke jaringan Ethereum yang dapat meningkatkan efisiensi transaksi. Ether adalah cryptocurrency asli yang berjalan di blockchain Ethereum.

Upgrade, yang dikenal sebagai "merge", menjalankan gladi bersih terakhirnya minggu lalu. Reli di eter itu juga mengalir ke bitcoin.

“Kami melihat BTC mengejar ketinggalan dengan ETH, mengingat kegembiraan atas penggabungan, yang berpotensi dijadwalkan pada 15 September,” pungkas Ayyar.

 

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harga Kripto Selasa Pagi 16 Agustus 2022

Sebelumnya, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Selasa, 16 Agustus 2022. Mayoritas kripto kembali melemah setelah kehabisan tenaga untuk melanjutkan reli yang didorong data inflasi AS.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa (16/8/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 1,27 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 0,77 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 24.038 per koin atau setara Rp 355,1 juta (asumsi kurs Rp 14.776 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) masih melemah pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH ambles 2,25 persen, tetapi masih menguat 7,46 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.903 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) turut melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB turun tipis 0,07 persen dan 1,73 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 318,69 per koin. 

 

 

4 dari 4 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano mengikuti jejak kripto lainnya yang melemah. Dalam satu hari terakhir ADA anjlok 3,09 persen,tetapi masih menguat 3,20 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,5524 per koin.

Adapun Solana (SOL) juga melemah pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL merosot 3,37 persen. Namun masih menguat 3,24 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 43,78 per koin.

Sedangkan XRP pada pagi ini kembali melemah. XRP ambles 1,30 persen dalam 24 jam terakhir dan 1,93 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3737 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya turun sedikit ke level USD 0,9998.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam masih bertahan di level USD 1,1 triliun.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS